FK, BERITA UIN Online— Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta menggelar Integrative Medical Expo Olympiade (IMEXO) yang pertama, Jumat-Sabtu (16-17/11), bertempat di Auditorium MK Tadjuddin, Kampus II UIN Jakarta.

Penandaan dimulainya acara tersebut yaitu dengan penanaman pohon Trembesi oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA dan didampingi oleh Dekan FK dr Hari Hendarto PhD SpPD KEMD FINASIM, serta Direktur dari beberapa rumah sakit mitra dan disaksikan oleh segenap sivitas akademika FK UIN Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan member pengantar tentang maksud dari kegiatan penanaman pohon trembesi tersebut, yaitu sebagai wujud peduli lingkungan, disamping itu juga menjadi simbol cikap bakal FK UIN Jakarta kedepan.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita akan menanam pohon trembesi sebagai rasa cinta kepada lingkungan sekitar. Penanaman ini sebagai simbol cikal-bakal berdirinya FK UIN dari awal memang masih seperti bibit pohon kecil dan nantinya akan tumbuh serta turut tumbuh seiring berkembangnya FK UIN. Dipilih pohon ini karena usianya bisa terus tumbuh lebih dari 300 tahun, mewakili FK yang diharapkan tumbuh abadi kedepannya,” jelas Hari.

Masih menurut Hari, pohon ini akarnya kuat menghujam tanah sebagi perlambang landasan FK disiapkan untuk berdiri kokoh, batangnya tumbuh lurus artinya selama berkembangnya di awal tidak mengganggu, melainkan tetap lurus.

“Pohon ini juga dikenal sebagai rain tree, meski daunnya kecil tapi rapat sehingga hujan tidak tembus, dan orang bisa dengan nyaman berlindung di bawahnya. Artinya ibarat semua anggota keluarga FK, meski kecil tapi sebagai tim harus solid sehingga semua merasa nyaman di dalamnya. Talent wins games, but teamwork wins championships,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Rektor mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut, dirinya berharap apa yang menjadi pilosofi pohon tersebut menjadi acuan dan cita-cita FK UIN Jakarta untuk senantiasa berjuang mewujudkan cita-cita tersebut.

“Penanaman pohon Trembesi ini, bukan hanya sebagai bukti kecintaan kita pada lingkungan, akan tetapi sebagaimana dijelaskan makna pilosofinya tadi, maka pohon ini sekaligus menjadi acuan bagaimana kita mengembangkan FK UIN Jakarta ke depannya. Semoga apa yang menjadi cita-cita FK akan terwujud nantinya,” pukas Rektor.

Sebagai informasi, penanaman pohon trembesi diawali oleh Rektor, Dekan, Dirut Rumah Sakit jejaring serta pejabat terkait. Lewat kegiatan ini, Rektor sangat mengapresiasi semangat kerja team work kedokteran yang solid. Meski baru tahun ini berdiri, tapi sudah nampak ingin terus tumbuh kedepan memajukan UIN Jakarta. (lrf/md)

Share This