Tangerang, BERITA UIN Online—Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta menandatangani kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (29/05), di ruang pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Hadir sekaligus menandatangani PKS tersebut, Dekan FK UIN Jakarta Hari Hendarto, Sekretaris Prodi Pendidikan Profesi Dokter Risahmawati, dan Sekretaris Prodi Kedokteran Marita Fadhilah, sedangkan dari Dinkes dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Desiriana Dinardianti didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat Dwi Harti Nugraheni, dan Staf Analis Kerjasama Aminatussufiyah.

Adapun kerja sama antar kedua instansi tersebut meliputi, wahana praktik klinik untuk mahasiswa FK, penelitian bidang kesehatan, dan pengabdian masyarakat.

Desiriana Dinardianti dalam sambutannya berharap, dengan adanya PKS ini kontribusi FK UIN Jakarta melalui mahasiswa yang magang di wahana Puskesmas akan semakin meningkat, sehingga dapat membantu Dinas Kesehatan menyelesaikan berbagai masalah  kesehatan di Kabupaten Tangerang.

Senada dengan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bidang SDM Dwi Harti Nugrahaeni juga sangat mendukung adanya PKS ini, karena nantinya akan semakin mendorong pihak Puskesmas untuk lebih inovatif dalam menyelesaikan masalah kesehatan  dengan memperhatikan masukan dari studi yang dilakukan oleh sivitas akademika FK UIN Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Hari Hendarto mengatakan bahwa sinergisitas antara FK UIN Jakarta dan Dinas Kesehatan sebetulnya sudah berjalan sejak lama, dimana mahasiswa melakukan magang di Puskesmas Kabupaten Tangerang dan beberapa dokter Puskesmas juga berbagi pengalaman di modul komunitas, sehingga sangat baik bila kerjasama ini dituangkan dalam dokumen kerjasama yang baik.

“Sebagai tambahan, kerjasama ini juga sekarang diperluas dengan Kantor Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dengan adanya Program Pengembangan Model Pondok Pesantren Sehat di wilayah Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Ungkapan tersebut diperkuat pula oleh Sekretaris Prodi Profesi Kedokteran UIN Jakarta Risahmawati, dikatakannya, bahwa wahana praktik di puskesmas wilayah Kabupaten Tangerang ini sangat bermanfaat untuk para mahasiswa FK, dimana mahasiswa bukan hanya mendapatkan pengalaman dalam pelayanan primer saja, namun juga paparan dengan masyarakat langsung melalui program PIS PK, promosi kesehatan di pondok pesantren, penjaringan masalah kesehatan di sekolah, dan juga program-program puskesmas lainnya.

“Selain itu, studi yang dilakukan oleh mahasiswa di wilayah puskesmas ini bisa sangat beragam, sehingga menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa seperti studi tentang TB Paru dan non-paru, ODGJ, non-PTM seperti hipertensi dan gizi buruk (stunting),” ujar Risahmawati. (lrf/msd)

Share This