Auditorium Utama, BERITA UIN Online—  Fakultas Kedokteran UIN Jakarta menggelar Pelantikan dan Sumpah Dokter Angkatan ke-29. Dokter yang dilantik hari ini berjumlah 52 orang dokter baru. Acara tersebut dilaksanakan pada, Kamis (25/04), bertempat di Auditorium Harun Nasution, kampus I UIN Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Dekan FK UIN Jakarta Hari Hendarto, Direktur RSUP Fatmawati M Syafak Hanung, sekretaris IDI wilayah banten Alian Setiawan, perwakilan RS Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan, Perwakilan RSu Tangerang Selatan, dan beberapa perwakilan rumah sakit jejaring lainnya serta 52 dokter baru bersama para orang tua.

Rektor, dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh dokter baru yang telah dilantik. Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas FK UIN Jakarta dan mitra yang telah bekerjasama guna kelancaran seluruh proses perkuliahan di FK UIN Jakarta hingga pengambilan sumpah.

“Selamat keapada seluruh dokter baru yang telah disumpah pada hari ini, karena anda sudah sah menjadi dokter. Silahkan setelah ini anda mengabdi, melanjutkan kuliah atau berkecimpung dalam geakan-gerakan positif di dunia yang berkaitan dengan profesi anda. Kepada seluruh mitra, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini, semoga komitmen ini terus berlanjut demi kemaslahatan bersama,” tutur rektor.

Tidak lupa, rektor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika FK UIN Jakarta yang dengan sabar telah membimbing para mahasiswanya hingga lulus dan layak mendapatkan gelar dokter.

“Lulusan FK UIN Jakarta sudah terbukti bermanfaat di masyarakat. Selain itu, lulusan FK UIN Jakarta harus ada yang menjadi dosen sebagai penerus perjuangan untuk mengembangkan FK UIN Jakarta,” pukas Guru Besar Sejarah Politik Islam tersebut.

Di akhir sambutannya, rektor berharap kepada seluruh dokter yang hari ini dilantik, agar dapat menebar manfaat di masyarakat, dan mampu menjaga citra sebagai lulusan UIN Jakarta yang dikenal cerdas, rajin, dan berakhlak mulia.

Di tempat sama, Direktur RSUP Fatmawati mengatakan, bahwa keberhasilan seorang dokter bukan dari cepat dan tidaknya ia dilantik, akan tetapi bagaimana dirinya mampu menyikapi dan menghadapi keadaan serta memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

“Oleh karenanya, mohon kepada pihak fakultas untuk dapat membimbing dokter-dokter baru ini dalam mengambil langkah selanjutnya,” ujar Hanung.

Tidak lupa, dirinya pun mengucapkan selamat kepada para dokter yang telah dilantik tersebut. “Kerjasama FKIK UIN dengan rumah sakit Fatmawati telah terjalin 11 tahun, dan meliputi kerjasama banyak hal untuk pengembangan pendidikan dan penelitian. Semoga ke depan akan semakin berkontribusi positif bagi perkembangan kedokteran di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Dekan FK UIN Jakarta Harry Hendarto saat ditemui BERITA UIN Online usai acara menegaskan, bahwa alumni FK UIN Jakarta juga termasuk sebagai alumni RSUP Fatmawati. Pasalnya, sebagai mitra FK UIN Jakarta, RSUP Fatmawati telah banyak berkontribusi guna menghasilkan dokter-dokter yang profesional dan berkualitas. (lrf)

Share This