Gedung FITK, BERITA UIN Online– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar kegiatan Evaluasi Kinerja Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) 2018 pada Kamis, (7/12/2018) di Ruang Teater Prof Dr Zakiyah Darajat lt 1 Gedung FITK.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Dr Fauzan MA dalam sambutannya menyampaikan kegiatan evaluasi program Omik 2018 ini baru kali pertama diadakan di FITK bahkan UIN Jakarta.

“Ini tradisi baru karena kali pertama diadakan di FITK bahkan UIN Jakarta. Sebelumnya, Omik hanya dikumpulkan di awal kepengurusan mereka, setelah berakhir periodenya, tidak dikumpulkan lagi untuk dievaluasi bersama,” ujar Fauzan di hadapan para pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), dan Pojok Seni Tarbiyah (Postar).

Dari tahun pertama sampai tahun keempat (2015-2018), lanjutnya, FITK selalu sukses merealisasikan kegiatan-kegiatan Omik dilihat dari penyerapan anggaran sampai 100 persen dengan anggaran paling besar dari fakultas lain berdasarkan banyaknya mahasiswa.

“Hampir tiap pekan fakultas ini tidak pernah sepi dari kegiatan mahasiswa mulai dari olimpiade, seminar, maupun registrasi mahasiswa untuk kegiatan eksternal, dalam maupun luar negeri,” imbuhnya.

Menurut Fauzan, ini adalah hal positif dan perlu dilestarikan untuk dapat mengevaluasi kinerja Omik dari kendala yang dihadapi termasuk proyeksi ke depan dengan usulan dan gagasan yang bisa diwariskan untuk dilanjutkan kepengurusan yang akan datang.

“Tahun ini, Omik FITK mampu menunjukkan kinerjanya dengan baik. Saya berharap dari sini untuk Omik 2019 akan jauh lebih baik dan produktif,” tandasnya.

Fauzan juga menghimbau mahasiswa untuk mengupload kemampuan mereka yang mendukung kompetensi di SKPI dan melakukan kajian yang relevan untuk keseragaman pemahaman.

“Lakukan kajian akademik terkait SKPI, pernah aktif dimana saja dan apa saja kemampuannya. Lakukan juga kajian perubahan kurikulum terkait profesionalitas guru, karena profesi guru tidak hanya melulu dari Tarbiyah,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, pengurus Omik dari 12 HMJ, Sema, Dema, dan Postar secara pararel menyampaikan laporan kegiatan mereka dan memberikan usulan program dan masukan kepada pihak fakultas untuk periode selanjutnya. Acara dimulai pukul 10.00 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. (mf)

Share This