Gedung FITK, BERITA UIN Online– Pelaksanaan PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) Madrasah Kementerian Agama akan digelar pada 15 November 2017. Untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut, UIN Jakarta melalui Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang menjadi satu-satunya Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara sertifikasi tahun ini berdasarkan surat Dirjen Diktis pada 27 September 2017, sudah menggelar dua kali kegiatan Refreshment dan Recruitment Instruktur PLPG.

“Pertama pada akhir September 2017 dan kedua pada hari Jum’at (27/10/2017) di Ruang Teater Lt 3 FITK,” ujar Kepala Bagian Umum (Kabag) FITK Imam Thobroni SE di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2017) Gedung FITK lt 2.

Pada kegiatan pertama, sambungnya, para instruktur PLPG yang telah memiliki NIA (Nomor Induk Asesor) sudah dikumpulkan untuk dilakukan ujian ulang agar mereka mendapatkan Nomor Registrasi Instruktur (NRI).

“Pada perekrutan yang pertama bulan lalu, para instruktur PLPG yang sudah punya NIA kita kumpulkan dan kita ujikan kembali. Bagi yang lulus akan mendapatkan NRI,” terang Imam.

Untuk menjadi instruktur PLPG tahun ini, lanjutnya, para instruktur yang sudah memiliki NIA, harus diujikan kembali. Saat namanya tercantum dalam pengumuman kelulusan, maka mereka akan mendapatkan NRI sebagai syarat utama menjadi instruktur PLPG 2017 ini.

Untuk itu, Imam menjelaskan, kegiatan kali kedua yang digelar pada Oktober lalu sebagai refreshment untuk asesor lama yang telah memiliki NIA dan recruitment untuk calon asesor baru dan yang lulus mendapatkan NRI.

“Tahun lalu masih pakai NIA, tahun ini semuanya harus punya NRI,” imbuhnya.

Diketahui, kegiatan kali kedua yang digelar pada akhir Oktober lalu dibuka Dekan FITK Prof Dr Ahmad Thib Raya dan diikuti para calon instruktur dari 11 PTKIN yang memiliki fakultas tarbiyah di kampusnya masing-masing.

Tercatat 70 peserta hadir pada kegiatan tersebut terdiri dari para dekan, para wakil dekan dan satu orang dosen Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti pembekalan sekaligus ujian instruktur dari Tim Sertifikasi Guru Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Sebagai tambahan informasi, Panitia Sertifikasi Guru UIN Jakarta Abdul Cholis SPdI menginformasikan, Daring Madrasah telah dilaksanakan pada 18 September dengan empat tahap pelaporan. Pertama pada 6 Oktober, kedua pada 20 Oktober, ketiga 3 Nopember dan terakhir 17 Desember 2017.

Sementara untuk pelaksanaan Daring PAI telah dilaksanakan pada 26 September dengan tahap pelaporan yang sama. Pertama pada 31 Oktober, kedua 8 Nopember, ketiga 15 Nopember dan terakhir 22 Nopember. Untuk mengetahui kegiatan Pembekalan PLPG 2017 secara Daring, berikut link video tutorialnya: https://www.youtube.com/watch?v=HNVcOD41Pe0. (mf)

Share This