Harun Nasution, BERITA UIN Online- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) kembali menggelar acara pertemuan internasional International Conference On Education In Muslim Society (ICEMS) 5th pada Senin dan Selasa, (30/9-1/10/2019) di Gedung Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Konferensi internasional bertajuk “Fostering Future Education: Creative and Innovative Endeavors in Teaching and Learning ini dirancang tidak hanya untuk berbagi penelitian, tetapi juga untuk menawarkan rekomendasi kepada pemerintah, lembaga pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui upaya kreatif dan inovatif.

Dekan FITK Dr Sururin MAg dalam sambutannya menjelaskan, kreativitas dan inovasi menjadi bagian penting untuk pendidikan masa depan karena kontribusinya bagi masyarakat dalam mengatasi masalah di dunia.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi berbagai pemangku kepentingan pendidikan terutama di masyarakat Muslim di seluruh dunia untuk berbagi karya, pendapat, dan pengalaman kreatif dan inovatif dalam forum akademik terbuka,” ujar Sururin.

Senada dengan Sururin, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Amany Lubis MA menyatakan, upaya kreatif dan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran perlu dipromosikan, sehingga konstribusi dari sarjana Muslim ke dunia pendidikan dapat terserap dan efektif dalam menciptakan pengajaran dan pembelajaran Islam.

Dalam tema konferensi kali ini, ujar Amany, diharapkan muncul pemikiran dan temuan penelitian yang terkait dengan pendidikan kreatif dan inovatif di negara-negara Muslim, mulai dari praktik terbaik dari pengajaran, kurikulum, penelitian dan pengembangan, pengembangan profesional guru, pedagogi dan andragogi baru, teknologi baru dalam pendidikan dan sebagainya.

“Selain untuk menyebarluaskan pemikiran dan temuan penelitian, konferensi ini diharapakan dapat memperkuat jejaring dan kolaborasi di antara para peserta dan membangun kesadaran bersama dan rencana aksi pada masalah kelembagaan penting dari asosiasi,” terang Amany yang didapuk membuka ICEMS 5th ini ditandai dengan pemukulan gong.

Hadir dalam acara ini narasumber dari beberapa negara, yaitu Professor Mike Hardy (Coventry University, United Kingdom), Professor Lawrence Pratchett (University of Canberra, Australia), Dr Azmil Tayeb (USIM, Malaysia), Associate Professor Shirley Ann-Baker (Alliant International University, USA), Prof Dr Wael Aly Al-Sayed (Ain Shams University, Egypt), Associate Professor Dr Sururin MAg, (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr Indra Charismiadji (President Director of Eduspec Indonesia), Fitriah PhD (UIN Sunan Ampel Surabaya) dari berbagai keahlian dan pengalaman mereka terkait dengan tema sentral dari konferensi ini.

Pada hari pertama pelaksanaan konferensi ini, selain pejabat di lingkungan UIN Jakarta, hadir ratusan peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen, guru, dan kalangan umum. (lrf/mf/afy)

Share This