Medan, BERITA UIN Online— Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta berpartisipasi dalam konferensi APSIPOL (Asosiasi Program Studi Ilmu Politik) yang ketiga. Konferensi yang dituanrumahi FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) Medan tersebut, dilaksanakan pada, Selasa-Kamis (2-4/10).

Pada kegiatan yang berlangsung cukup meriah itu, Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta mengirimkan empat orang delegasi. Keempat orang tersebut ialah, Iding Rosyidin (Kaprodi Ilmu Politik), Suryani (Sekprodi Ilmu Politik), Agus Nugraha (Wadek III), dan Ana Sabhana (Dosen Ilmu Politik).

Acara konferensi dibagi ke dalam beberapa kegiatan, diantaranya, seminar nasional dengan menghadirkan narasumber yaitu Prof Dr Maswadi Rauf (Guru Besar Ilmu Politik FISIP UI) dan Dr Mada Sukmajati (Dosen FISIPOL UGM). Ada banyak isu menarik yang dipaparkan oleh kedua pembicara tersebut, seperti tentang pemilu dan demokrasi, problematika partai politik, korupsi politik, pembiayaan politik, dan sebagainya.

Kegiatan kedua, yaitu diskusi paralel yang diselenggarakan setelah seminar. Di sini para anggota Apsipol yang notabene merupakan dosen-dosen Prodi Ilmu Politik dari sekitar 30 perguruan tinggi yang menjadi anggota APSIPOL mempresentasikan papernya. Presentasi dibagi ke dalam tiga cluster dan dilaksanakan secara serentak.

Sedang kegiatan yang ketiga, yaitu acara temu nasional yang sebenarnya merupakan puncak dari kegiatan tersebut. Dipandu oleh Luthfi Makhasin (Sekjen Apsipol) dan Ketua Hilmy Mochtar, pembahasan ini berlangsung cukup menarik. Selain menentukan agenda konferensi selanjutnya, berbagai masalah keorganisasiannya banyak dibahas.

Sebagai informasi, hal penting yang dilakukan oleh APSIPOL adalah bagaimana membranding asosiasi ini, sehingga tidak hanya dikenal oleh masyarakat akademik, tetapi juga oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Ke depan, seperti yang ditegaskan Hilmy, APSIPOL bisa lebih memberikan kontribusi terhadap perkembangan politik di negeri, baik pada tataran akademis maupun praktis.

“Sebagaimana organisasi yang relatif baru berdiri, mampu menyelenggarakan konferensi secara rutin setiap tahun merupakan hal yang positif. Apalagi, antusiasme yang tinggi dari para anggota asosiasi dalam penyelenggaraan konferensi ini. Tentu ini merupakan pertanda baik bagi masa depan APSIPOL,” ujar Hilmy.

Di tempat yang sama, mewakili tuan rumah, Prodi Ilmu Politik FISIP USU, Warjio mengaku sangat senang dan bangga karena telah dijadikan tempat penyelenggaraan konferensi APSIPOL yang ketiga.

“Kami senang dan berterima kasih atas apresiasi dan kunjungan serta ditunjuknya FISIP USU sebagai tuan rumah konferensi APSIPOL ke tiga ini. Semoga ke depan akan semakin meriah dan berkembang sehingga menebar manfaat bagi insane akademis khususnya, dan bangsa ini pada umumnya,” tandas Warijo. (lrf)

Share This