Gd. FISIP, BERITA UIN Online— Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta berpartisipasi dalam Kongres Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI). Konferensi kali ini dituan rumahi oleh Prodi Sosiologi  FISIP Universitas Hasanuddin Makassar, dengan mengusung tema Mengusung tema Peran Strategis Sosiolog dalam Memperkuat Ketahanan dan Daya Saing Masyarakat Menuju Indonesia 2045.

Pada kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari, Jumat-Ahad (26-28/10) ini, Prodi Sosiologi FISIP UIN Jakarta mengirimkan empat orang delegasi. Keempat delegasi tersebut antara lain, Dr Cucu Cahyati (Kaprodi Sosiologi), Dr Joharotul Jamilah (Sekprodi Sosiologi), Bambang Ruswandi MStat (Gugus Jaminan Mutu), dan Husnul Khitam MSi (Dosen Sosiologi).

Rombongan FISIP UIN Jakarta disambut oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan. Begitu juga peserta kongres yang berasal dari perguruan tinggi lainnya.

Turut hadir pada malam ramah tamah tersebut, Prof Dr Harjono Sujono, pendiri ISI sekaligus Ketua Umum ISI pertama, Sekjen ISI Pusat Dr Arie Sujito dan Ketua Panitia Seminar dan Kongres ISI Muhammad Iqbal Latief.

Seminar dan Kongres ISI 2018 yang digelar di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin ini, dibuka oleh Rektor Prof Dr Dwi Aries Tina Pulubuhu MSi, sekaligus menegaskan bahwa kongres ini akan diadakan setiap tiga tahun sekali.

Sebagai informasi, kongres ini menghasilkan buku setebal 781 halaman dengan judul, 20 Tahun Reformasi Indonesia Dalam Perspektif Sosiologi 1998-2018. M Iqbal Latief MSi mengatakan, buku tersebut merupakan bunga rampai dari 40 makalah yang dipresntasikan selama seminar dengan tema sangat beragam ditulis oleh sosiolog yang menyebar di seluruh Indonesia. (lrf)

Share This