Auditorium, BERITA UIN Online – Para orang tua mahasiswa diajak untuk bergandeng tangan dan bersinergi guna menjalin silaturahmi dan komunikasi. Mereka juga diajak untuk mengembangkan kemitraan bersama melalui program pemagangan mahasiswa.

Demikian dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi (Fidkom) Suparto saat memberikan sambutan pada acara dialog dan silaturahmi dengan para orang tua mahasiswa di Auditorium Harun Nasution, Senin (4/11/2019).

“Kita ingin antara Fidkom dan para orang tua semakin memperkuat komunikasi. Hal ini penting agar terjadi saling pengertian di antara kedua belah pihak,” katanya.

Suparto dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tua mahasiswa yang telah mempercayakan anak mereka kuliah di Fidkom. Ia berharap kepercayaan yang diberikan tersebut dapat bersinergi untuk secara bersama mengembangkan mutu pendidikan di masa mendatang, termasuk mendorong mahasiswa agar cepat lulus kuliah.

Suparto mengungkapkan bahwa sampai saat ini masih banyak mahasiswa di Fidkom yang terlambat menyelesaikan studi. Hal itu dikarenakan oleh berbagai alasan. Oleh karena itu pihaknya akan terus membantu mahasiswa agar segera menyelesaikan studi.

“Sesuai ketentuan, masa belajar di UIN Jakarta berdurasi maksimal selama 14 semester. Namun, kita berharap mahasiswa dapat menyelesaikannya di bawah batas akhir itu,” urainya.

Dalam kesempatan tersebut, Suparto juga meminta agar para orang tua dapat memantau perkembangan anak-anaknya. Caranya misalnya dengan melihat perkembangan nilai belajar mereka secara berkala.

Selain itu, pertemuan dengan para orang tua diharapkan dapat saling memberi informasi dan masukan positif dalam meningkatkan mutu akademik. Bahkan untuk meningkatkan keahlian mahasiswa, para orang tua juga diminta dapat membantu, semisal untuk program pemagangan di tempat mereka bekerja.

“Ini tentu positif untuk membangun karakter dan kreativitas mahasiswa,” ujarnya.

Dialog bertema “Trimarta Pendidikan: sinergi Kampus Keluarga dan Masyarakat” itu dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik Siti Napsiyah, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Shihabuddin Noor, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Cecep Sastrawijaya. Sementara pembekalan disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer.  (ns)

Share This