Bogor, BERITA UIN Online— Pengembangan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan bakal jadi perhatian utama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta sepanjang tahun ini. Hal ini diperlukan agar FEB bisa menjadi leading sector pengembangan UIN Jakarta dalam mencetak para lulusan berkualitas.

Demikian disampaikan Dekan FEB Prof. Dr. Amilin, .Si.,Ak.,CA.,QIA.,BKP.,CRMP saat membuka Rapat Kerja FEB di Bogor, Jumat (14/02/2020). Selain diikuti para pendidik dan tenaga kependidikan FEB sendiri, rapat kerja fakultas juga dihadiri Rektor Prof. Dr. Hj. Amany Lubis.

Amilin menjelaskan, selain memprioritaskan penyempurnaan sarana prasana menyusul penggunaan gedung baru, FEB juga berkomitmen mendorong pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Selain mendorong peningkatan kualifikasi jenjang pendidikan, fakultas juga bakal mendorong para pendidik meningkatkan kualifikasi fungsionalnya.

Peningkatan kualifikasi pendidikan dilakukan dengan mendorong dosen menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang doktoral. Sedang kualifikasi fungsi dilakukan dengan mengakomodir mereka meningkatkan jabatan akademiknya.

Baseline kita di 2020, dosen yang asisten ahli ke lektor, lektor ke lektor kepala, dan lektor kepala didorong menjadi guru besar,” paparnya.

Akomodasi demikian, sambungnya dilakukan dengan mendorong riset dan publikasi. Lainnya, optimalisasi anggaran untuk peningkatan kualifikasi pendidik.

“Kemudian penguatan sumber daya manusia pendukung kita berikan melalui peningkatan soft skill, training, sehingga pelayanan terhadap mahasiswa dan lainnya berjalan dengan baik,” paparnya.

Sebagai fakultas yang diharap menjadi leading sector pengembangan UIN Jakarta, Amilin menambahkan, FEB juga berkomitmen memperkuat jejaring kerjasama kemitraan. Selain industri, lembaga riset, FEB juga bakal menginisiasi kemitraan dengan lembaga dan perusahaan pelat merah nasional.

“Insya Allah Selasa besok kita membuka komuinikasi dengan BUMN. Mudah-mudahan ada peluang kerjasama,” harapnya.

Diketahui, FEB melangsungkan rapat kerja pimpinan fakultas Jumat-Minggu (14-16/02/2020). Rapat kerjaa sendiri mengambil tema Penguatan Kualitas SDM dan Sarpras Kelembagaan Melalui Integrasi Sistem Informasi dalam Mewujudkan Islamic Creative Entrepreneurship. (mi/zm)

Share This