Diorama, BERITA UIN Online— Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta menggelar silaturrahim sekaligus bedah buku Duta Dua Kutub karya Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mr Esam A Abid Althagafi, Senin (13/05), di ruang Diorama kampus I UIN Jakarta.

Acara yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan 11.00 wib tersebut, dihadiri sekaligus dibuka oleh Rektor UIN Jakarta, Amany Lubis, serta dihadiri oleh Dekan FAH UIN Jakarta tahun 1994 sekaligus Ibunda dari Rektor UIN Jakarta, Nabila Lubis.

Bedah buku yang menggunakan bahasa Arab sebagai pengantar tersebut, dimoderatori oleh Dekan FDI UIN Jakarta Syairozi Dimyati Ilyas, serta disaksikan segenap sivitas akademika FDI dan tamu undangan.

Rektor UIN Jakarta dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terselenggarakannya acara serta kepercayaan untuk menggelar kegiatan tersebut di kampus UIN Jakarta.

“Terima kasih atas kepercayaannya memilih UIN Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan acara bedah buku ini. Ini merupakan kegiatan positif akan selalu mendapatkan dukungan dari jajaran pimpinan UIN Jakarta,” pukas rektor.

Di tempat yang sama, sang penulis buku memaparkan secara global tentang isi dari buku yang dia tulis tersebut. Safiir Bayna Quthbayn, atau jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Duta Dua Kutub” berisi tentang perjalanan penulis dari satu negara ke negara lainnya.

Sayyid Althagafi dilahirkan di kota Mekkah. Jarak antara rumahnya dengan Kabah sangatlah dekat. Kemudian sampailah pada cerita bahwa beliau menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri, dan memulai perjalanan karir dari satu jabatan ke jabatan lain dan dari satu negara ke negara lainnya.

“Saya memulai perjalanan karir dari kota New York, Meksiko dan Washington yang semuanya berada dalam satu negara, Amerika Serikat. Berlanjut menuju Brunei Darussalam, Argentina, dan Norwegia serta sampai ke Indonesia,” kenang Sayyid.

Pada kesempatan tersebut, peserta yang hadir diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan mau pun tanggapan, baik mengenai buku atau hal lainnya.

Dari pantauan BERITA UIN Online di tempat, Nampak peserta yang terdiri dari para dosen, mahasiswa dan tamu undangan begitu antusias mengikuti jalannya acara. Hal ini Nampak dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada narasumber yang hadir. (lrf/ulf).

Share This