Gedung FDI, BERITA UIN Online – Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) menerima pendaftaran calon mahasiswa baru program S1 jalur beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) UIN Jakarta tahun akademik 2019/2020. Beasiswa diberikan hanya untuk 40 peserta yang memenuhi syarat dan lulus seleksi tertulis.

Hal itu disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik Yuli Yasin kepada BERITA UIN Online, Rabu (22/5/2019). Yuli mengatakan seleksi jalur BLU UIN Jakarta sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Jalur tersebut khusus diberikan bagi para calon mahasiswa yang berprestasi dan memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an (tahfidz).

“Beasiswa ini khusus untuk program tahfidz. Jadi, hanya calon mahasiswa yang memenuhi syarat tahfidz saja yang akan kita terima,” katanya.

Yuli mengatakan, pendaftaran program beasiswa tahfidz BLU UIN Jakarta dibuka sejak 17 hingga 24 Mei 2019 mendatang. Syarat calon mahasiswa di antaranya lulusan madrasah aliyah atau pesantren serta memiliki kemampuan dasar-dasar bahasa Arab seperti membaca, mendengar, memahami, dan mengucapkan.

Selain itu, calon mahasiswa juga harus memiliki pengetahuan dasar keislaman, mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, serta bersedia menghafal al-Qur’an 8 juz selama masa studi (1 juz per semester).

“Calon mahasiswa yang lulus seleksi akan diberikan beasiswa full selama masa studi atau delapan semester,” jelas Yuli.

Yuli menambahkan, para calon mahasiswa yang sudah mendaftar akan diseleksi pada 17-21 Juni 2019 di gedung FDI. Materi seleksi meliputi kemampuan dasar bahasa Arab, pengetahuan agama Islam, dan pengetahuan umum lain. (ns)

Share This