Gedung FDI, Berita UIN Online— Dalam rangka memeriahkan acara tahunan HAMASA 2017 (Harakah Musabaqah Al-Lughah Al-Arabiyah), Fakultas Dirasat dan Islamiyah (FDI) UIN Jakarta menyusun beberapa acara, yang dimulai sejak, Senin–Rabu (16–18/10), bertempat di Gedung FDI UIN Jakarta.

Kegiatan yang mengangkat tema Eksistensi Bahasa Arab dalam Lintas Perbedaan Peradaban ini, berisi beberapa kegiatan diantaranya, Seminar Nasional bersama Helvy Tiana Rosa selaku Penyair, Penulis, dan Produsen Film dan Dr Siti Amsariah MA selaku Kritikus Sastra Arab pada Senin, 16 Oktober 2017.

Kemudian, perlombaan tingkat mahasiswa dan umum mencakup Debat Bahasa Arab, Musabaqah Qiroatul Kutub, Essay, baca berita Bahasa Arab, Kaligrafi, Arab Idol, Puisi, dan Pidato, Selasa, 17 Oktober 2017. Sedangkan di hari terakhir, Rabu, 18 Oktober 2017 akan diisi dengan kegiatan Public Speaking bersama Ali Hasan AL Bahar Lc MA, dan M Mamduh Nuruddin S SI, M chc, C chi.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Dr Cahya Buana MA selaku Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan, serta sivitas akademik FDI UIN Jakarta.

Selain itu, hadir pula peserta dari Pondok Pesantren Al Kahfi Sukabumi, dan Pondok Pesantren Nahdhatul  Ulum Makassar. Dalam acara ini, hadir pula peserta dari berbagai perguruan tinggi dan pondok pesantren. Diantaranya, IIQ, Institut Darullughah Wadda’wah, LEMKA, LIPIA, TAINU Tasikmalaya, STEBANK, STFI SADRA Jakarta, STIT AL Amin, UII, UIN SMH Banten, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga, UM Malang, UMJ, Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Selanjutnya, turut hadir sebagai peserta, utusan Daarul Mughni, Daarul Rahman, Darus-Sunnah, MA Al Hidayah, MA Al-Mansyuriyah, MAN 1 Tangerang, MAN Insan Cendekia, PP Darus Salam, PP Qotrun Nada, PP Sabilus Salam, SMK HASS Ashabulyamin, Yayasan Bait al-Quran.

Dalam sambutannya, Cahya mengatakan bahwa kegiatan HAMASA 2017 ini merupakan kegiatan tahunan FDI untuk meningkatkan kualitas dan eksistensi mahasiswa FDI UIN Jakarta dalam mengembangkan Bahasa Arab.

“Kegiatan-kegiatannya pun adalah kegiatan yang menunjang intelektual dan kemampuan mahasiswa/I dalam meningkatkan kualitas diri fokus pada Bahasa Arab,” tambahnya. (lrf/sf)

 

Share This