Gedung FAH, BERITA UIN Online – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) menggelar Pendidikan Dasar Jurnalistik Dasar bagi para mahasiswa di Aula Serba Guna Gedung FAH, Kamis (7/11/2019). Pendidikan diikuti oleh sebanyak 35 mahasiswa dari berbagai jurusan dan semester.

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha Feni Arifiani, penyelenggaraan pendidikan dasar jurnalistik bagi para mahasiswa bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan keterampilan menulis berita. Pendidikan tersebut penting agar para mahasiswa memperoleh tambahan keterampilan selain mengikuti perkuliahan di kelas.

Feni mengatakan pendidikan junaslistik bagi mahasiswa juga bertujuan untuk mencari para calon jurnalis yang akan mengelola berita di website FAH. Melalui bantuan para jurnalis mahasiswa diharapkan pengelolaan wesbite dengan konten berita kegiatan di FAH dapat berlangsung secara berkesinambungan.

“Peran dan bantuan jurnalis mahasiswa sangat membantu dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang ada di FAH. Sebab, selama ini pengelolaan website berita yang hanya bertumpu pada pegawai saja kurang memadai, apalagi di FAH banyak kegiatan,” katanya.

Setiap tahun, menurut Feni, FAH perlu melakukan regenerasi untuk mencari para calon jurnalis dari kalangan mahasiswa. Hal itu mengingat bahwa mahasiswa tidak selamanya berada di kampus alias akan lulus dan menjadi sarjana.

“Nah, agar terjadi kesinambungan pengelolaan website berita FAH, maka sejak awal harus disiapkan regenerasinya. Jika tidak berita-berita kegiatan di website tidak ada yang meng-update,” ungkapnya.

Pendidikan jurnalistik mahasiswa diisi dengan beberapa materi, antara lain teknik menulis berita dan feature, reportase, teknik wawancara, dan pemakaian bahasa jurnalistik. Materi tersebut disampaikan oleh dua narasumber yang sudah memiliki pengalaman praktis di dunia jurnalisik, yaitu Nanang Syaikhu (dosen jurnalistik dan mantan wartawan Panji Masyarakat) serta Cecep Romli (mantan wartawan dan dosen jurnalistik). (ns)

Share This