Yogyakarta, BERITA UIN Online— E-SMS merupakan aplikasi manajemen yang nantinya bisa menggerakkan PTKIN mewujudkan Governance University, Teaching University, Research University dan Global University.

Hal tersebut disampaikan Abdul Hamid Cebba (Ketua tim e-SMS) pada acara rapat koordinasi percepatan pengisian Elektronik Sistem Manajemen Strategis (E-SMS) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama RI, Kamis-Sabtu (11-13/04), di Hotel Grand Aston, Yogyakarta.

“Elektronik Strategic Management System (e_SMS) ini merupakan upaya pemeringkatan bagi PTKIN dalam rangka peningkatan tata kelola menuju Good University Governance (GUG),” pukas Cebba.

Ditambahkannya, kunci utama kesuksesan pengisian Dashboard e-SMS ini adalah kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder di masing-masing unit kerja, terutama pimpinan untuk menghadirkan jawaban yang tepat beserta bukti-bukti pendukung yang dimilikinya.

Dalam e-SMS tersebut, masih menurut Cebba, mengandung beberapa komponen. Antara lain, pertama komponen pengajaran 20 persen. Kedua, fasilitas, sumber daya dan supporting staff 25 persen. Ketiga, kepemimpinan, manajemen dan tata kelola 40 persen, dan keempat, penelitian, publikasi, pengabdian-layanan pada masyarakat dan kerjasama 15 persen.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pelatihan tersebut, seluruh peserta diberikan tutorial lengkap cara melakukan pengisian Dashboard e-SMS, termasuk cara memilih jawaban atas setiap pertanyaan yang diajukan beserta data pendukung (evidence) yang harus di upload atau ditampilkan sebagai bukti. Diharapkan keseluruhan pengisian Dashboard e-SMS ini bisa selesai sebelum akhir April 2019. (lrf/SAA)

Share This