Kampus PPG, BERITA UIN Online – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Pencinta Alam (KPA) Arkadia UIN Jakarta melakukan penanaman pohon di kawasan kampus Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bojongsari, Kota Depok, Ahad (17/10/2021). Kegiatan digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Arkadia.

Sebelum melakukan penanam pohon, para aktivis lingkungan itu menggelar gowes bareng dari kampus 1 di Ciputat ke kampus PPG. Lebih dari 50 peserta ikut ambil bagian pada kegiatan bertajuk “UIN Jakarta Goes to Green Campus Bike Campaign dan Nanam Bersama” tersebut.

Menurut Ketua Arkadia Muhammad Kamil Amirullah, acara gowes bareng dan menanam pohon di kampus PPG merupakan bentuk partisipasi Arkadia guna mendukung program “Green Campus UIN Jakarta”.

“Program ‘Green Campus’ sudah lama dikampanyekan namun belum banyak yang direalisasikan. Jadi, kami berinisiatif untuk membantu mewujudkan program tersebut,” katanya.

Kamil menambahkan, dalam program penanaman pohon tersebut, Arkadia telah menanam lebih dari 100 bibit pohon. Di kampus PPG sebanyak 60 bibit pohon, sisanya ditanam di kampus 1, di kampus 2 dan 3 Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, dan di kampus 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Adapun jenis pohon yang ditanam di antaranya jambu (Psidium guajava), tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), sirsak (Annona muricata L), sengon (Albizia chinensis), dan kelor (Moringa Oleifera).

“Semua lahan di kampus kita tanami pohon agar lebih hijau dan asri. Kami berharap program tanam pohon ini akan terus berkelanjutan,” ujarnya. (ns/hadid)

Share This