Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Dua alumni UIN Jakarta, Abdul Aziz Ahmad dan Lena Maryana Mukti, dilantik Presiden RI Joko Widodo menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kuwait. Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis menyampaikan selamat dan mendoakan keduanya sukses menjalankan amanat sebagai duta besar.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo melantik Aziz dan Lena di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10/2021). Keduanya dilantik bersama 15 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk 15 negara sahabat lainnya seperti Rosan Perkasa Roeslani sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Amerika Serikat, Mochamad Fadjroel Rachman  sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan.

Penelusuran BERITA UIN Online, Abdul Aziz Ahmad menamatkan pendidikan sarjana Jurusan Bahasa Arab IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (kini, UIN Jakarta) tahun 1981. Aziz yang dikenal sebagai aktifis mahasiswa di masanya melanjutkan pendidikan magister di Monash University dan pendidikan Doktor UIN Sunan Kalijaga.

Selain mengajar di sebuah perguruan tinggi Islam di Jakarta, ia pernah aktif dalam sejumlah organisasi dan jabatan. Diantaranya Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia 1985-1988, Peneliti Kementerian Agama RI 1986-2015, Komisioner KPU RI 2007-2012, dan Staf Ali Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi 2013-2014.

Sementara Lena, tercatat menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (kini, UIN Jakarta). Aktifis perempuan kelahiran Jakarta tahun 1962 ini banyak terlibat sebagai aktifis sosial seperti pengurus Kongres Wanita Indonesia dan Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Selanjutnya, Lena terpilih beberapa kali sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PPP. Terjun dalam dunia politik, Lena aktif pada Kaukus Perempuan Politik Idonesia dan Parliamantary Union of the OIC Member States. Ia juga tercatat aktif pada Asian Council for Religion and Peace.

Terpisah, Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis menyampaikan ucapan selamat atas amanat yang diberikan Presiden RI Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh keduanya. “Kami mengucapkan selamat dan mendoakan keduanya meraih kesuksesan dalam menjalankan tugas sebagai Duta Besar RI,” ucapnya. (foto: Setkab RI/zm)

Share This