Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Baitul Maal wa Tamwiil (BMT) Syahida IKALUIN menggelar seminar nasional Lembaga Keuangan Mikro Syariah bagi para mahasiswa, dosen, dan pegawai di lingkungan UIN Jakarta, Rabu (21/3/2019). Seminar digelar untuk mensosialisasikan sumber-sumber pembiayaan usaha sekaligus mendorong wirausaha di kalangan sivitas.

Seminar sosialisasi sendiri menghadirkan dua narasumber lembaga ekonomi dan keuangan yang bisa menjadi tumpuan pembiayaan modal usaha, yakni Badan Urusan Logistik (Bulog) dan BNI Syariah. Narasumber Bulog diwakili Kepala Divre Bulog DKI dan Banten Dedi Sabetra dan General Manager Micro Business Division PT Bank BNI Syariah Budi Aristianto. Bertindak sebagai moderator, Ketua Pengurus BMT Syahida IKALUIN Euis Amalia.

Dalam pengantarnya, Euis mengungkapkan seminar nasional ini merupakan salah satu agenda BMT Syahida IKALUIN dalam mensosialisasikan peluang ekonomi yang bisa dimanfaatkan sivitas. “Dengan kegiatan ini, kami berharap para dosen, pegawai, mahasiswa, maupun alumni bisa menangkap peluang ekonomi bagi kemandirian dan kemanfaatan mereka,” ungkapnya.

Sementara itu dalam presentasinya, Budi mengungkapkan BNI Syariah memiliki banyak skema pembiayaan wirausaha skala mikro. Skema ini terus dikembangkan baik produk maupun layanan sehingga bisa dimanfaatkan oleh banyak kalangan masyarakat ekonomi sektor ini. “BNI Syariah cukup concern dalam mendorong perekonomian mikro,” katanya.

Adapun Dedi menuturkan transformasi bisnis Bulog dalam dua tahun terakhir dengan membuka skema pembinaan usaha mikro di berbagai daerah maupun lembaga keagamaan seperti koperasi mesjid dan majelis taklim. Sebelumnya, Bulog lebih banyak berperan sebagai penjaga stabilitas harga bahan pokok masyarakat.

“Namun sejak beberapa tahun terakhir kita juga turun untuk menumbuhkan semangat kemandirian ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Menanggapi itu, Euis berharap lembaga ekonomi dan keuangan syariah seperti Bulog dan perbankan syariah turut memanfaatkan lembaga-lembaga keuangan BMT. Menurutnya, BMT-BMT ini visi pemberdayaan ekonomi umat melalui pembinaan jejaring usaha mikro binaannya sehingga layak dijadikan mitra lembaga-lembaga keuangan syariah lebih besar. (zae)

Share This