Aula Perpustakaan Utama, BERITA UIN Online— DNK TV FIDK UIN Jakarta bekerjasama dengan Pusat Studi Agama dan Budaya (PUSAD) Universitas Paramadina menggelar launching dan diskusi kompetisi esai yang mengambil tajuk Write A Piece For Peace. Acara tersebut dilaksanakan pada, Selasa (17/10), bertempat di Ruang Pertemuan lantai 7 Pusat perpustakaan UIN Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kaum muda di Indonesia menyikapi masalah kekerasan yang terjadi di sekitarnya dewasa ini. Selain itu, kompetisi ini mengajak para muda mudi untuk menceritakan dampak kekerasan terhadap kehidupan serta solusi yang dapat diberikan dalam rangka menghentikan kekerasan tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Manajer DNK TV Dedi Fahrudin MIKom kepada BERITA UIN Online melalui saluran media sosial, Rabu (18/10). Dirinya menambahkan, selain menjadi ajang melatih kemampuan dalam menulis, kegiatan ini juga sekaligus menjadi media penyaluran ide dan gagasan yang positif dari mahasiswa atau muda mudi.

“Tidak hanya sebagai ajang kompetisi belaka. Namun, lebih jauh kita mencoba menampung ide atau solusi yang diberikan para peserta bagaimana menangani permasalahan atau kekerasan yang terjadi di sekeliling mereka agar dapat terselesaikan,” tandas Dedi.

Masih menurut Dedi, pada kriteria esai, ada poin di mana para peserta harus berkomitmen untuk menjaga perdamaian. “Pada kompetisi kali ini dikhususkan bagi siswa dan mahasiswa yang berusia 16 sampai 25 tahun. Hal ini melihat, bahwa usia-usia mereka lah yang masih rentan dan mudah terbawa oleh arus negatif sebuah pergaulan. Namun tidak tertutup kemungkinan, mereka sebenarnya memiliki ide-ide yang cemerlang guna mencegah terjadinya tindak kekerasan,” jelas Dedi.

Berdasarkan informasi yang didapat BERITA UIN Online, hadir pada acara launching dan diskusi tersebut beberapa narasumber sekaligus dewan juri kompetisi esai. Mereka antara lain, Irfan Amalee (Penulis dan Peace Generation), Zen RS (Penulis, Tirto ID), Feby Indriani (Penulis dan Jurnalis), Pangeran Siahaan (Penulis dan Presenter), dan Irsyad Rafsadi (Peneliti PUSAD Paramadina).

Sebagai informasi, bagi mahasiwa dan siswa yang berusia 16-25 tahun dan ingin mengikuti kompetisi ini, diharapkan segera mengirimkan esainya paling lambat tanggal 30 November 2017 ke alamat paramadina-pusad.or.id, dan esai terbaik akan diumumkan pada 17 Januari 2017.

Adapun ketentuan esai adalah, hasil karya perorangan serta belum pernah terpublikasikan. Esai diketik dengan spasi ganda dengan ukuran font 12 point, maksimal 6-10 halaman (2500-300 kata). Untuk informasi lebih lengkap, dapat mengunjungi laman http://www.paramadina-pusad.or.id/write-a-piece-for-peace.(lrf)

 

Share This