Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Ramadhan adalah bulan penuh hikmah dan berkah. Siapa saja yang beribadah dengan tekun dan khyusuk dia akan mendapatkan pahala berlipat.

Hal itu pula yang dilakukan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Jakarta selama Ramadhan 1440 H. Dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada BERITA UIN Online, Selasa (7/5/2019), Ketua DWP Fauziah Rodoni mengatakan, kegiatan yang digelar oleh DWP selama bulan suci tersebut di antaranya berupa Tadarus al-Qur’an dan Kajian Ramadhan.

Fauziah menjelaskan, Tadarus al-Qur’an digelar setiap pagi hari di Masjid Fathullah. Kegiatan tadarus diikuti oleh pengurus dan anggota DWP serta warga sekiar. Sementara kegiatan sore hari menjelang waktu Magrib, DWP aktif memberikan ifthar dan ta’jil bagi jamaah Masjid Fathullah, terutama para mahasiswa dan musafir.

“Selama Ramadhan, kegiatan tadarus dan pemberian ifthar rutin digelar setiap hari serta sudah dilakukan oleh pengurus DWP sejak dahulu hingga sekarang,” katanya.

Selain dalam bentuk tadarus dan pemberian ifthar, DWP juga aktif menggelar kajian Ramadhan, yakni berupa ceramah agama yang disampaikan oleh para ahli agama. Sesuai jadwal, ceramah agama pertama akan disampaikan Rektor UIN Jakarta Hj Amany Lubis pada 8 Mei 2019. Ceramah dilakukan mulai pukul 08.00 WIB di Masjid Fathullah serta dihadiri pengurus DWP dan jamaah masjid.

Kegiatan lain, menurut Fauziah, DWP juga akan menggelar aksi sosial. Di antaranya pemberian bingkisan Lebaran berupa paket sembako bagi karyawan UIN Jakarta serta warga kurang mampu sekitar kampus. Kegiatan bagi-bagi bingkisan tersebut akan dilakukan pada 27 Mei 2019 di gedung Kafe Cangkir mulai pukul 09.00 WIB.

“Tapi jika dana dari para donator sudah terkumpul, pemberian bingkisan kemungkinan akan dimajukan menjadi 20 Mei 2019,” ujar istri Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Ahmad Rodoni tersebut.

Kemudian pada 22-23 Mei 2019, DWP berturut-turut akan menggelar kegiatan buka puasa bersama di rumah dinas Rektor UIN Jakarta. Buka puasa pertama dilakukan bersama Rektor Amany Lubis dan anak-anak yatim. Kegiatan diawali dengan khatmil Qur’an dan santunan sosial.

Sedangkan pada buka puasa kedua, kegiatan akan dilakukan bersama para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan mahasiswa asing. Kegiatan buka puasa bersama tersebut akan dimulai pukul 16.00 WIB.

“Insya Allah. Kami berharap semua kegiatan di bulan Ramadhan ini mendapatkan banyak keberkahan dan bernilai ibadah,” katanya. (ns)

Share This