Pisangan, BERITA UIN Online – Semarak syi’ar Ramadhan tak hanya digelar di kampus tapi juga di masjid. Salah satunya berupa pemberian ifthar nasi bungkus dan ta’jil kepada para musafir di Masjid Fathullah UIN Jakarta.

Kegiatan yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Jakarta itu merupakan rangkain dari beberapa kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan. Sasaran kegiatan bukan saja untuk pengurus dan anggota DWP melainkan juga masyarakat umum.

Menurut Ketua DWP Fauziah Rodoni, kegiatan pemberian ifhtar di Masjid Fathullah rutin digelar setiap bulan Ramadhan. Tujuannya murni untuk ibadah dan sosial dalam bentuk sedekah makan.

“Setiap hari kita siapkan sekitar 400 nasi bungkus ditambah ta’jil dan minuman ringan,” ujarnya kepada BERITA UIN Online di Kantor DWP, Selasa (14/5/2019).

Kegiatan pemberian ifthar tersebut dilakukan menjelang waktu berbuka tiba atau saat azan Magrib akan berkumandang. Teknisnya, saat jamaah sudah berbaris membentuk shaf, segera nasi bungkus dibagikan kepada masing-masing individu.

Untuk menyiapkan nasi bungkus sebanyak tersebut, menurut Fauziah, DWP bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dengan manajemen Masjid Fathullah maupun kampus UIN Jakarta. Selain dalam bentuk kerja sama juga ada yang berasal dari donasi perseorangan. Prinsipnya, siapa pun yang mau bekerja sama atau berdonasi, pihak DWP akan siap menyalurkannya.

“Kita pernah juga dapat donasi dari Dompet Dhuafa sebanyak 250 nasi bungkus ditambah gorengan,” katanya.

Penyiapan nasi bungkus dilakukan di kantor DWP di Jalan Kertamukti Pisangan, Ciputat. Untuk mengerjakannya, pihak DWP melibatkan sedikitnya 5-10 petugas. Setelah siap, nasi bungkus lalu diantar ke Masjid Fathullah untuk didistribusikan ke jamaah atau musafir.

Fauziah mengatakan kegiatan berbagi di bulan Ramadhan selain merupakan amal sedekah juga sudah menjadi tradisi tahunan. Ia berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat, terutama di kalangan kaum dhuafa.

Kegiatan selain ifthar, kata Fauziah, DWP juga menggelar acara tadarusan bagi kalangan pengurus dan anggota. Kegiatan lainnya berupa kajian Ramadhan, pembagian bingkisan lebaran, dan santunan anak yatim. (ns)

Share This