Brebes, BERITA UIN Online – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Jakarta mengadakan bakti sosial (baksos) di Desa Capar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada 1-15 Februari 2019. Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 150 mahasiswa FDIK dari lima jurusan dan digelar dalam rangka mengisi liburan semester ganjil tahun akademik 2018/2019.

Ketua Pantia, Vieri Pratama, mengatakan, baksos diisi dengan beragam kegiatan, baik fisik maupun non fisik. Di antaranya pembangunan rumah taman baca, pembagian sembako, bazar, pemeriksaan kesehatan, pengajian anak-anak dan remaja, pengajaran, dan berbagai perlombaan serta permainan.

“Untuk tahun ini lokasi kegiatan kita pusatkan di Desa Capar, Kecamatan Salem, Brebes. Soalnya, desa tersebut pernah dilanda longsor pada Februari tahun lalu,” ujar mahasiswa Jurusan Jurnalistik tersebut.

Selama kegiatan, para peserta baksos tinggal di rumah-rumah penduduk (home stay). Hal itu bertujuan agar mereka dapat menyatu dengan masyarakat dan mudah beradaptasi.

Secara teknis dan konsep, kegiatan baksos tak jauh berbeda dengan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) yang bersifat reguler. Dalam hal ini, mahasiswa terjun ke masyarakat dan berbaur melaksanakan program kerja secara bersama-sama.

“Konsepnya hampir sama. Cuma waktunya saja yang berbeda. Jika KKN dilaksanakan di saat perkuliahan, baksos justru di musim liburan,” jelas Vieri.

Sementara itu, Ketua Dema FDIK Ali Alatas mengungkapkan, bakso Dema FDIK digelar setiap tahun di tempat yang berbeda. Selain bertujuan untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat, baksos juga merupakan salah satu pengalaman tridharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Intinya, baksos ini juga menjadi wahana pembelajaran bagi mahasiswa dalam berorganisasi dan bermasyarakat,” kata mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah itu.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan baksos didukung oleh berbagai kalangan, terutama para sponsorship serta beberapa lembaga otonom dan semi otonom di fakultas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan baksos tahunan Dema FDIK ini,” ucapnya. (ns/tia/aldi)

Share This