Ciputat, BERITA UIN Online Guna mengisi kegiatan Ramadan, Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) menggelar acara Khatmil Qur’an secara daring (online) melalui kanal Zoom, Jumat (22/5/2020). Acara diikuti oleh seluruh sivitas akademika FDI, termasuk para mahasiswa yang saat ini berada di rumah masing-masing.

Khatmil Qur’an 30 juz yang dimulai pukul 15.00 itu diawali  dengan pembacaan doa ikhtitam oleh Dekan FDI Syairozi Dimyati. Setelah itu diisi tausiyah agama oleh Rektor UIN Jakarta Amany Lubis. Acara dipandu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FDI  Moch. Syarif Hidayatullah.

Rektor Amany Lubis dalam ceramahnya di antaranya menyatakan bahwa saat  ini Indonesia sedang dilanda wabah Covid-19. Umat Islam diminta untuk terus berdoa kepada Allah SWT agar wabah hilang dari muka bumi.

Bahkan untuk menghilangkan wabah, UIN Jakarta bersama kalangan tokoh dari berbagai penganut agama secara internasional menggelar “Doa untuk Kemanusiaan” secara daring pada 14 Mei 2020. Para tokoh agama dari Islam, Kristen, Budha, Hindu, Khonghucu, dan kepercayaan lain, semua bersatu padu serta bergandengan tangan untuk memohon kepada Tuhan agar musibah segera lenyap dari permukaan bumi.

“Grand Syaikh Al-Azhar Mesir Prof Ahmad Al-Thayyib juga ikut memberikan doa melalui video,” katanya.

Rektor Amany Lubis mengatakan, kegiatan Khatmil Qur’an tentu selain untuk melaksanakan ibadah kepada Allah, juga diniatkan sebagai doa agar wabah Covid-19 segera lenyap sehingga semua aktivitas dapat kembali normal.

Lebih dari itu Khatmil Qur’an juga digelar untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Apalagi di bulan Ramadan, seluruh umat Islam di dunia diminta untuk lebih banyak berzikir dan berdoa agar memperoleh kemuliaan hidup di sisi Allah SWT.

“Mari kita jadikan momentum Ramadan ini untuk banyak muhasabah dan mendekatkan diri kepada Allah, terlebih di akhir Ramadan,” ujarnya. (ns)

Share This