Gedung FISIP, BERITA UIN Online – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta Ali Munhanif menyatakan, potensi lulusan FISIP yang terserap di dunia kerja cukup besar dan luas. Lulusan FISIP tak hanya bekerja di perusahaan swasta tapi juga di pemerintahan.

“Saya bersyukur bahwa alumni FISIP banyak yang potensial dan sukses di dunia kerja,” ujarnya saat menghadiri acara Dema Vision 2020 bertajuk “Sharing Alumni: Sukses Bekerja di Pemerintahan, Media, dan NGO” yang diselenggarakan Dewan Mahasiswa (Dema) FISIP secara virtual, Sabtu (10/10/2020). Acara yang juga menjadi ajang temu alumni dan mahasiswa FISIP itu dihadiri antara lain Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Badrus Sholeh serta Ketua Dema Adam Anthony

Ali Munhanif mengatakan, acara temu alumni dan mahasiswa FISIP tersebut sangat positif. Selain sebagai ajang tali silaturahmi juga saling bertukar informasi tentang dunia kerja.

“Semoga acara tersebut menjadi jembatan komunikasi dan jaringan antara alumni, fakultas, dan mahasiswa, khususnya dalam hal pengetahuan, pengalaman, dan informasi dunia kerja,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Badrus Sholeh. Ia mengatakan forum silaturahmi alumni, mahasiswa, dan FISIP cukup penting diadakan.

Paling tidak, melalui forum tersebut, mahasiswa dan alumni bukan hanya saling mengenal satu sama lain melainkan juga dapat memperkuat jejaring (networking).

“Prinsipnya kegiatan ini sangat bermanfaat, baik bagi alumni, fakultas, dan mahasiswa. Kami berharap forum seperti ini terus digalakkan di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah alumni yang dinilai berhasil di dunia kerja tampil menjadi pembicara untuk memberikan pengalaman masing-masing. Mereka adalah Pandu Wibowo (Komisi Aparatur Sipil Negara), Ikhsan Dalimunte (CNN Indonesia), Oktanta Tri (Kemenpora RI), Mutiara Ramadhani (Babe News), Rakhmatullah (Sinar Indonesia), dan Susan Sovia (Sekolah Sukma Bangsa Aceh).

Pandu Wibowo, yang bekerja sebagai pegawai di Komisi Aparatur Sipil Negara mengatakan, alumni FISIP UIN Jakarta memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia kerja dibanding alumni FISIP universitas lain. Alumni UIN Jakarta juga memiliki keunggulan dalam penguasaan teori, aplikasi teori dalam bentuk usulan kebijakan, dan dalam hal budaya kerja seperti kedisiplinan, manajerial, serta kepemimpinan.

“Karena itu, tantangan ke depan yang harus disiapkan para mahasiswa FISIP UIN Jakarta di dunia kerja sekurangnya ada tiga yaitu persaingan intelektual, persaingan jaringan, dan persaingan politik,” ujarnya.

Sementara Mutiara Ramadhani, yang bekerja di media Babe News, meminta mahasiswa agar mempersiapkan hard skill, soft skill, networking, dan pengalaman, seperti magang di perusahaan atau instansi pemerintah. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan diri dan sekaligus menunjukkan bakat dan kemampuan

“Jadi, saat lulus dari kuliah, kita nanti mudah mencari kerja,” katanya. (ns)

Share This