Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), penyelenggara Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK), menunda kegiatan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK. Penundaan dilakukan setelah mempertimbangkan kondisi terkini perkembangan dampak penyebaran virus Corona (Covid-19) yang belum mereda.

Demikian siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Senin (23/3/2020). Siaran pers menyebutkan, penundaan pendaftaran dan plaksanaan UTBK didasarkan kepada Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT bernomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dirilis pada 23 Maret 2020. Pada SE yang ditandatangani ketuanya, Mohammad Nasih, itu pendaftaran UTBK semula akan dilakukan pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK pada 20 April 2020. Namun, kegiatan kedua proses seleksi itu ditunda untuk sementara waktu akibat masalah Korona.

“Pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan diumumkan lebih lanjut,” kata surat edaran tersebut.

Pada jadwal sebelumnya, pendaftaran UTBK akan digelar pada 30 Maret-11 April 2020 dan pelaksanaan UTBK pada 20-26 April 2020. Kegiatan kedua proses seleksi itu sudah lama ditetapkan dan disebarkan ke masyarakat secara luas, khususnya kalangan PTN.

UTBK merupakan sistem tes masuk perguruan tinggi negeri bagi calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Peserta UTBK diikuti oleh 85 PTN di Indonesia, baik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama.

Penerimaan mahasiswa baru UIN Jakarta pada jalur ini menawarkan sedikitnya 26 program studi dengan total kuota sebesar 1.206 kursi. Kuota tersebar di 10 fakultas dengan jumlah angka bervariasi untuk setiap program studinya. (ns)

Share This