Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online— Dalam rangka dimulainya Festival Komunikasi 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menggelar seminar nasional yang mengusung tema Menjadikan Media Sebagai Alat Pemersatu Bangsa, Sebagai Bentuk Implementasi Nilai-nilai Pancasila, Senin (09/09), di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Seminar yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika FIDIKOM tersebut, menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika RI), Agung Suprio (Ketua Komisi Penyiaran Indonesia), Najwa Shihab (Founder Narasi Tv), Irjen. Pol. Muhammad Iqbal (Kadiv Humas Mabes Polri), Muzzakir Husain (Wakil Pimpinan Redaksi Berita Satu), dan Abdul Manan (Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen).

Selain itu, turut hadir sekaligus mengapresiasi kegiatan tersebut, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, para Wakil Rektor, dan segenap jajaran pimpinan UIN Jakarta lainnya. Dalam sambutannya, rektor mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara kegiatan tersebut, sehingga acara positif tersebut berjalan dengan sukses.

“Semoga kegiatan ini berkesinambungan dan dapat berkontribusi positif khususnya bagi mahasiswa dan umumnya UIN Jakarta. Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari acara ini, oleh karenanya mohon diikuti dengan serius dan kita mampu menjadi user media yang sesuai dengan harapan tema kegiatan ini,” tutur rektor.

Masih pada kesempatan yang sama, tidak lupa rektor pun mengenalkan kepada para narasumber tentang prodi KPI yang ada di UIN Jakarta. Dimana menurutnya, bahwa KPI UIN Jakarta hampir setiap tahunnya menjadi jurusan terfavorit, dengan jumlah pendaftar yang tidak sedikit.

Di tempat yang sama, Dekan FIDIKOM, Suparta dalam sambutannya mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan salah satu refleksi ide-ide mahasiswa yang kreatif dalam menyikapi gejala-gejala di masa kini.

“Kami sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan ini juga menjadi media syi’ar Islam kepada seluruh sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat. Semoga kegiatan ini berjalan lancar hingga usai,” ujar Suparta.

Saat ditemui BERITA UIN Online, Ketua HMJ KPI, Farid Abdullah Lubis menuturkan, kegiatan Festival Komunikasi 2019 ini diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa UIN Jakarta paham akan sentralnya peran media dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, selain juga untuk membangkitkan jiwa kritis tentang dampak yang ditimbulkan sebuah media.

“Tiadak hanya kepada mahasiswa, kami juga berharap pesan ini mampu sampai kepada masyarakat umum, tentang penggunaan media yang baik dan benar,” pukas Farid.

Sebagai informasi, kegiatan Festival Komunikasi 2019 ini akan berlangsung hingga akhir bulan ini, juga akan diisi dengan beberapa kegiatan positif lainnya, seperti bakti sosial, donor darah, dan banyak lagi kegiatan lainnya. (lrf)

Share This