Gd. FDI, BERITA UIN Online—Melalui program yang digulirkan oleh Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Jakarta, Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat di Desa Karang Tengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dekan Dr Hamka Hasan Lc MA, Dr Cahya Buana MA (Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama) sekaligus ketua pelaksana. Sedangkan anggota Tim PpMD terdiri dari, Dr Ahmadi Usman MA, Dr Yuli Yasin MA, Ghilmanul Wasath Lc MA, Fatihunnada Lc MA, dan Nailil Huda Med.

Program yang telah direncanakan sejak bulan Agustus ini, baru dapat terlaksana pada, Senin (21/08), dan puncak acara tersebut dilaksanakan pada, Senin (01/10), bertempat di Desa Karang Tengah.

Kegiatan yang didanai oleh UIN Jakarta ini, dialokasikan untuk dua kegiatan yaitu pembangunan fisik dalam bentuk renovasi sumur ciduk, majlis ta’lim, dan Musholla Sohibuddiniyyah. Kedua pembangunan sumber daya manusia terkait pentingnya pendidikan dan sanitasi lingkungan.

Festival Muharam 1439 Hijriyah dipilih oleh Tim PpMD sebagai tema besar dalam merealisasikan program PpMD. Festival ini disepakati dilaksanakan pada tanggal 30 September-01 Oktober 2017 dan dilaksanakan dalam dua kegiatan besar yaitu lomba antar desa seperti adzan, hifdzul qur’an juz 30, puisi religi, tilawatil qur’an dan pidato antar ketua RT dan RW.

Kepada BERIITA UIN Online, panitia mengatakan bahwa lomba-lomba dalam kegiatan  ini sebagai upaya memotivasi masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan agama, sehingga mereka mau belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam acara tersebut, diisi pula ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah Dr. Hamka Hasan terkait urgensi pendidikan dan sanitasi Lingkungan.

Dekan, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa “Hijrah itu perlu pengorbanan untuk pencapaian yang lebih baik. Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah ini, kita harus berhijrah dari perbuatan yang kurang baik menjadi lebih baik untuk mencapai hasil yang lebih baik”

Di penghujung ceramah Dekan FDI menawarkan beasiswa kuliah di FDI bagi anak yang memiliki kemampuan Bahasa Arab dan siap menghafal al-Qur’an satu juz persemester.

Hasil pantauan tim BERITA UIN Online di lapangan terlihat, pada acara puncak kegiatan atau penutupan, dilaksanakan pula peresmian pembangunan serta launching kajian keislaman Desa Karang Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Karang Tengah Koswara SIP menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga atas pengabdian Tim PpMD di desanya dan berharap agar kegiatan ini berlanjut di tiap tahun dan menjadikan Desa Karang Tengah sebagai desa Binaan UIN Jakarta.  (lrf/Laporan: Rafif & CB).

Share This