Jakarta, BERITA UIN Online—Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin secara resmi meluncurkan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (SPAN-UM PTKIN) 2019, Rabu (23/01), di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Peluncuran yang dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan PTKIN yang ada di Indonesia tersebut, diawali oleh laporan Ketua Umum SPAN-UM PTKIN 2019 Musafir Pababbari, dan dilanjutkan dengan peluncuran SPAN-UM PTKIN oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam laporannya tersebut, Musafir mengatakan bahwa  peminatan sekaligus pendaftar jalur tersebut dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan. Terlebih, di tahun 2018 lalu, peserta yang mendaftar melebihi kuota yang ditargetkan oleh panitia dan Kementerian Agama.

“Kami senantiasa melakukan pembenahan sekaligus peningkatan layanan dan mutu pelaksanaan SPAN-UM PTKIN ini, dan diharapkan tahun 2019 ini segalanya berjalan sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Masih menurut Musafir, kerjasama yang telah terjalin dengan Bank Negara Indonesia 46, PT Pos Indonesia dan PT Telkom Indonesia, di tahun ini akan dilanjutkan guna mendukung kelancarana pelaksanaan SPAN-UM PTKIN 2019.

“Adapun jadwal pelaksanaan jalur ini, yaitu Launching 23 Januari, Pendaftaran dan Pengisian PDSS 23 Januari s.d 28 Februari, kemudian proses seleksi tahap I; 8-15 Maret 2019 unggah akhir 16 Maret, tahap II; 20-22 Maret unggah akhir 23 Maret. Sedang untuk pengumuman hasil seleksi yaitu 1 April 2019, kemudian bagi yang dinyatakan lulus, maka harus melakukan daftar ulang pada 06-10 Mei 2019,” jelas Musafir.

Sebagai informasi, turut hadir dalam peluncuran tersebut, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Fadillah Suralaga, serta beberapa staf dan sivitas akademika UIN Jakarta.

Menanggapi peluncuran tersebut, rektor berharap peminatan siswa untuk menuntut ilmu di UIN Jakarta terus meningkat. Dengan demikian maka, UIN Jakarta turut memberikan kontribusi bagi bangsa dalam upaya mencerdaskan generasi penerus, sekaligus menyebarluaskan insan-insan paripurna yang senantiasa menjunjung tinggi toleransi antar sesame. (lrf)

Share This