Aula Madya, BERITA UIN Online– Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FITK UIN Jakarta Rosida Erowati MHum menggandeng Teater Syahid UIN Jakarta dan Lab Teater Tangerang Selatan Banten dalam pementasan workshop drama, seni rupa, seni music, dan trik dan tips pemecahan masalah matematika pada Selasa (16/7/2019) di Gedung Aula Madya UIN Jakarta.

“Rangkaian acara dimulai sejak Sabtu sampai Minggu (14-15/7/2019) dan puncaknya Selasa malam ini,” ujar Rosyida yang menjadi pengampu matakuliah Drama, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik, dan Pemecahan Masalah Matematika bersama beberapa dosen lain, yaitu Mukhtar Ridwan MPd dan Fatkhul Arifin MPd.

Rosida menuturkan kepada BERITA UIN Online, pada acara puncak ditampilkan drama cerita rakyat dengan tema kedaerahan Nyi Dasimah dari Ci Seeng. Panggung drama pun dihiasi dengan karya seni rupa karakter tokoh dalam cerita rakyat tersebut serta trik pemecahan masalah Matematika yang dipajang dilorong menuju panggung drama.

Dalam rangkaian drama yang berlangsung lebih dua jam itu ditampilkan pula tari bernuansa Betawi dari kelompok seni tari, kolaborasi calung dan angklung dari kelompok seni musik dan tari modern dari kelmpok drama.

“Tujuan kegiatan ini untuk mmberikan pengalaman belajar autentik kepada mahasiswa PGMI terutama angkatan 2016 atau mahasiswa semester enam, sehinggga percaya diri dengan pilihan matakuliahnya,” imbuh Rosida.

Pada acara puncak yang mengambil tema Ekspresi Semanis PGMI tersebut dihadiri ratusan penonton dari berbagai kalangan, mulai dari siswa SD sampai mahasiswa dari berbagai jurusan.

Hadir pada kesempatan tersebut Kaprodi dan Sekprodi PGMI, sejumlah dosen PGMI dan PBSI memberikan support atas kegiatan perdana yang diselenggarakan prodi PGMI.

“Dari hasil evaluasi, beberapa mahasiswa mengharapkan kegiatan nyata seperti ini harus terus dilaksanakan, sehingga nanti ada Ekspresi Semanis PGMI jilid dua,” begitu kata salah seorang mahasiswi PGMI. (lrf/mf)

Share This