Ciputat, BERITA UIN Online— Lembaga Sosial Kemanusiaan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN JJakarta menyalurkan bantuan berupa ratusan hand sanitizer dan peralatan kesehatan lain bagi sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat sekitar. Distribusi alat-alat kesehatan ini dilakukan ST UIN Jakarta dalam mengantisipasi sebaran Virus COVID-19 dan beragam masalah kesehatan yang ditimbulkannnya.

Pagi Senin (23/3/2020) ini misalnya, sejumlah relawan STF UIN Jakarta membagikan sekurangnya 200 botol handsanitizer ukuran 60 ml. Selain petugas keamanan yang bertugas yang selama kampus UIN Jakarta ditutup, ratusan botol hand sanitizer ini dibagikan kepada mahasiswa di sejumlah asrama dan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah hari ini (Senin, 23/3/2020) sudah terlaksana pendistribusian 200 botol handsanitizer ke Satpam UIN, Asrama Putra UIN, Asrama Putri UIN, dan Ma’had Putra UIN,” ujar Ela, salahsatu relawan STF UIN Jakarta.

Sebelumnya, STF UIN Jakarta juga sudah mendistribusikan puluhan botol hand sanitizer di beberapa tempat di lingkungan UIN Jakarta seperti pos-pos petugas keamanan, asrama, dan PPG UIN Jakarta. “Jadi sekitar 220 botol sudah disebar,” terangnya lagi.

Dewi Maryam, relawan STF lainnya, menuturkan ratusan botol hand sanitizer berasal dari kolaborasi dengan FIKES UIN Jakarta dan donasi individu dan lembaga yang menitipkan bantuannya melalui STF UIN Jakarta. “Alhamdulillah, 300 botol hand sanitizer ukuruan 60ml dari FIKES UIN sudah diterima oleh STF. Rencananya akan disalurkan ke internal UIN Jakarta,” katanya.

Pembagian hand sanitizer gratis disambut baik banyak pihak. Yubi Hamka, Komandan Satuan Pengamanan UIN Jakarta, misalnya mengapresiasi baik upaya ini.

Menurutnya, alat-alat kesehatan ini amat dibutuhkan para petugas keamanan yang tetap bertugas selama UIN Jakarta diliburkan sepanjang dua pekan ini. “Terimakasih STF UIN Jakarta, para donatur atas bantuan hand sanitizernya. Semoga membantu para petugas yang tetap berjaga di lingkungan kampus,” ucbapnya.

Galang Donasi

Di tepi lain, Direktur STF UIN Jakarta, Prof. Dr. Amelia Fauzia mengapresiasi para pihak yang telah menyalurkan bantuannya dalam program antisipasi sebaran COVID-19 melalui STF UIN Jakarta. Mengingat sebarannya yang cukup massif dan belum diketahui akhir masa pandemiknya, sambungnya, pihaknya mengundang para publik yang berminat menyalurkan donasi bagi penyediaan alat-alat kesehatan.

“Sebagai bagian dari kepedulian bersama terhadap penaggulangan Covid-19, STF mengajak bapak-ibu berpartisipasi dalam menyediakan hand sanitizer dan disinfektan gratis yang akan dibagikan ke UIN Jakarta, Ciputat dan sekitarnya yang rawan seperti sekolah, tempat ibadah, tempat umum, pasar dan kantor polisi,” paparnya.

Para pihak yang berminat donasi bisa disalurkan melalui rekening Lembaga Social Trust Fund UIN Jakarta, yakni BNI an. Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah, Rek. No. 0349891614 Cab. Fatmawati. Konfirmasi bisa dilakukan melalui 0813-8055-9914. (Foto: STF UIN Jakarta/Teks: Zaenal Muttaqin)

Share This