Srilanka, BERITA UIN Online— Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UIN Jakarta kembali meraih dua medali emas pada kompetisi 4th Asia Pacific Choir Games yang digelar selama sepekan (21-28/10), bertempat di Nelum Pokuna Mahinda Rajapaksa Theater, Colombo, Srilanka.

Kedua mendali emas yang berhasil disabet PSM UIN Jakarta yang beranggotakan 38 orang tersebut antara lain, 1st Place of Asia Pacific Champions Competition dan  1st Place of Grand Prix of Nations Colombo 2017 pada kategori Folklore with Accompaniment.

Dinakhodai oleh Putri Amelia sebagai kondaktur, PSm UIN Jakarta mampu kembali mengharumkan almamaternya, setelah sebelumnya melakukan latihan sejak awal tahun 2017.

Sebagai mana telah diwartakan sebelumnya, puncak latihan PSM menghasilkan sebuah konser yang bertajuk Kidung Syukur Nusantara: Merenda Kasih dan Asa dalam Harmoni di Samudra Hindia. Konser ini terlaksana pada tanggal 8 Oktober 2017 lalu di Syahida Inn.

Kepada BERITA UIN Online, Ketua PSM UIN Jakarta Ali Maschun mengatakan, bahwa perjalanan menuju kompetisi di Srilanka bukanlah tanpa halangan karena persiapannya cukup menguras tenaga, waktu, pikiran, dan emosi. Namun, perjuangan yang telah dilalui terbayar sudah dengan hasil perolehan dua medali emas yang didapatkan.

“Alhamdulillah, kerja keras kami selama ini tidak sia-sia, terbayar sudah dengan menghasilkan dua mendali emas. Kami tidak menyangka akan mendapatkan mendali, karena kami melihat yang tampil saat itu sangat bagus dan sempat menciutkan kepercayaan diri kami. Namun, Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan do’a temen-temen semua kita masih dipantaskan untuk mendapat penghargaan ini,” papar Ali Maschun penuh bahagia.

Sebagai informasi, acara yang diselenggarakan secara meriah tersebut, diikuti oleh 72 paduan suara yang berasal dari berbagai negara. PSM UIN Jakarta tampil pada tanggal 27 Oktober 2017 dengan membawakan tiga buah lagu yaitu “Jali-Jali” (Afdhal Dzikri), “Butet” (Marthin Tuppano), dan “Bungong Jeumpa” (Afdhal Dzikri). Berkat penampilan dari ketiga lagu tersebut, mengantarkan PSM UIN Jakarta ke Grand Prix of Nations Colombo 2017.

Pada Grand Prix of Nations Colombo 2017, PSM UIN Jakarta juga mempersembahkan satu lagu tambahan yang berjudul “Gemu Fa Mi Re” aransemen dari Andriansyah Nur Hidayat.

Sedang, Award Ceremony yang merupakan rangkaian acara terakhir dari 4th Asia Pacific Choir Games berlangsung pada Jumat, 28 Oktober 2017, dan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Alhamdulillahirabil’allamin segala rangkaian acara Asia Pacific Choir Games 2017 di Colombo-Srilanka telah berjalan dengan baik dan lancar. Alhamdulillah kami bisa membawa kabar gembira bagi masyarakat Indonesia di peringatan Hari Sumpah Pemuda ini,” ujar Mohammad Ihsan, ketua produksi kompetisi PSM UIN Jakarta goes to Colombo-Srilanka. (lrf)

 

Share This