Gedung FDI, BERITA UIN Online – Abdillah el Habib, mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), UIN Jakarta dinobatkan sebagai Duta Bahasa terbaik kedua pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2021. Acara pemberian penghargaan digelar pada malam puncak pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021 di  Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin (18/10/2021).

Pemilihan ajang Duta Bahasa Nasional 2021 diikuti oleh peserta putra dan putri dari 30 provinsi di Indonesia pada 14 – 19 Oktober 2021. Acara diselenggaakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menurut Abdillah el Habib, awal mengikuti pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021 dimulai dengan mendaftarkan diri sebagai peserta di tingkat Provinsi Banten. Di pemilihan ini, ia  berhasil menyisihkan 167 peserta dan dinobatkan sebagai peserta terbaik pertama Duta Bahasa Tingkat Provinsi Banten.

“Dari total 167 peserta yang mengikuti seleksi, saya alhamdulillah masuk 30 finalis dan terpilih sebagai peserta terbaik pertama se-Provinsi Banten,” katanya kepada BERITA UIN Online, Selasa (19/10)

Perhelatan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2021 diawali secara daring yang berlangsung pada 9-11 Oktober 2021 dengan peserta sebanyak 30 orang dari 30 Provinsi di Indonesia. Kemudian, dilanjutkan secara luring pada 14-19 Oktober 2021 untuk penilaian akhir pemilihan.

Abdillah mengatakan, untuk menuju pemilihan tingkat nasional sejak terpilih di tingkat provinsi, ia mengaku harus banyak memanfaatkan waktu luang. Soalnya, waktu yang tersisa hanya sekira lima bulan.

Persiapan menjelang pemilihan, ia di antaranya harus mempersiapkan penguasaan bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa daerah. Selain itu, dia juga harus mengembangkan bakat dan menjadi relawan penguatan literasi kebahasaan dan kesusastraan di masyarakat di Provinsi Banten.

“Saya harus menjalankan program kerja Pendidikan Buta Aksara, yaitu mendidik orang-orang yang buta aksara di Kabupaten Tanggerang,” jelasnya.

Sedanghkan untuk pengembangan bakat, ia berlatih selama sepuluh hari di Rangkasbitung, yakni pemahaman mengenai seni dan budaya Provinsi Banten.

Malam Puncak jatuh pada tanggal 18 Oktober 2021 yang berhasil menobatkan Abdillah el habib Provinsi Banten sebagai Terbaik II Duta Bahasa Nasional 2021. Ia merasa bangga akan amanah baru yang dipercayakan Indonesia untuknya dan membawa nama baik UIN Jakarta ke kancah nasional.

“Alhamdulillah Allah memberi amanah sebagai terbaik kedua. Bagi saya, prestasi nasional ini sebuah kebanggaan yang luar biasa. Paling tidak saya telah membawa nama harum UIN Jakarta dan Provinsi Banten,” ujarnya.

Abdillah berharap dirinya dapat terus berkontribusi dan berperan aktif dalam memandu dan menata bahasa, tepatnya trigatra bangun bahasa kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Provinsi Banten. (ns/Tiara S)

Share This