Bandung, BERITA UIN Online— Sembilan jurnal ilmiah terakreditasi Sinta 1 dan Sinta 2 di lingkungan UIN Jakarta meraih apresiasi dari Kementerian Agama RI (Kemenag). Selain penghargaan, kesembilan jurnal ini mendapatkan insentif pembinaan atas keberadaan mereka sebagai media publikasi artikel akademik di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Apresiasi dan insentif diberikan langsung dalam penutupan Biannual Conference on Research Result 2019 yang berlangsung di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rabu (04/12/2019). Pemberian apresiasi dan insentif ini dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Agama RI (Wamenag) ) K.H. Zainut Tauhid Sa’adi.

Kesembilan jurnal UIN Jakarta penerima apresiasi dan insentif Kemenag itu adalah jurnal Studi Islamika, Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, Etikonomi, dan Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Selanjutnya, Edusains, Arabi: Journal of Arabic Studies, Ilmu Ushuluddin, dan Al-Kauniyah: Jurnal Biologi.

Dihubungi terpisah, Muhammad Nida Fadlan, M.Hum, salahsatu editor Studia Islamika membenarkan penerimaan apresiasi yang didapat jurnal yang terbit sejak 1994 dengan spesialisasi publikasi kajian keislaman Indonesia dan Asia Tenggara. “Alhamdulillah, Studia Islamika mendapat apresiasi dari Kemenag. Semoga konsisten melakukan tugas publikasi ilmiah,” katanya.

Nida menambahkan, apresiasi ini melengkapi sederet prestasi yang diterima jurnal kelolaannya. Sebelumnya, jurnal dengan Editor in Chief Prof. Dr. Azyumardi Azra dan Managing Editor Oman Fathurahman telah meraih sejumlah penghargaan seperti jurnal terindeks Scopus dengan Grade Q2 tahun 2015, anugerah jurnal nasional terbaik dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi tahun 2016, dan anugerah jurnal terbaik dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI.

Terpisah, Dr. Azkia Muharom Albantani juga mengucapkan syukur atas apresiasi dan insentif yang diberikan Kemenag untuk jurnal kelolaannya, Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. “Alhamdulillah, semoga memacu kami untuk terus konsisten melakukan publikasi ilmiah di UIN Jakarta,” harapnya. (zm)

Share This