Gedung PPG, BERITA UIN Online – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Prodi PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) di gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bojongsari, Depok, pada 28-30 Juni 2019 (indoor) dan 4-6 Juli 2019 (outdoor). KMD diikuti 85 mahasiswa serta digelar atas kerja sama Prodi PGMI dan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Selatan.

Pada pembukaan KMD, Jumat (28/6/2019), Sekretaris Prodi PGMI Rahmat Widiyanto mengatakan, KMD bagi mahasiswa PGMI bersifat wajib karena terintegrasi ke dalam sistem perkuliahan sebanyak 2 SKS. Selain itu KMD juga merupakan salah satu tuntutan diterapkannya kurikulum baru berbasis Kerangka Kulifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dalam kurikulum KKNI tersebut, setiap mahasiswa wajib memiliki surat keterangan pendamping ijazah (SKPI).

“Nah, sebagai prodi yang mencetak calon guru, kami ingin mahasiswa PGMI memiliki keahlian lain selain mengajar di kelas, seperti menjadi pembina Pramuka. Karena itu mahasiswa wajib ikut KMD Pramuka untuk mendapatkan bekal keterampilan dan SKPI atau sertifikat membina,” katanya.

Rahmat juga menegaskan bahwa mahasiswa PGMI wajib mengikuti kegiatan KMD agar diperoleh pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan membina, apalagi sebagai calon guru yang dituntut lebih profesional mengajar.

“Tuntutan guru sekarang bukan cuma mengajar tapi juga mampu mengarahkan peserta didik untuk lebih kreatif,” ujarnya.

Pelaksanaan KMD digelar selama enam hari atau sebanyak 72 jam pelajaran. Sistem pembelajarannya disampaikan dengan metode variatif seperti bermain dan berkreasi, baik kegiatan indoor (materi kelas) maupun outdoor (materi praktik lapangan).

Sementara materi kepramukaan diberikan oleh para pelatih dari Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Jakarta Selatan. Kegiatan KMD (materi kelas) dilakukan di gedung PPG FITK Bojongsari, Kota Depok, dan praktik berkemah rencananya di gelar di Bumi Perkemahan Astuti Center, Sawangan, Kota Depok. (ns)

Share This