Kampus UIN, BERITA UIN Online – Sebanyak 8.580 dari 175.000 peserta secara nasional mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di kampus UIN Jakarta, Selasa (28/5/2019). Dari 8.580 peserta, sebanyak 1.520 peserta mengikuti tes berbasis komputer atau sistem seleksi elektronik (SSE).

Dalam pantauan BERITA UIN Online di lapangan, peserta UM PTKIN mulai berdatangan sejak selepas Subuh. Mereka langsung mencari lokasi gedung dan ruang ujian masing-masing. Untuk mengarahkan peserta, Tim Humas yang dibantu Pramuka dan Resimen Mahasiswa pun bersiaga di setiap sudut gang.

“Kami mengarahkan peserta yang belum tau gedung atau lokasi ujian. Sebab, calon mahasiswa baru pasti tidak banyak tahu, apalagi yang tidak survey awal,” kata Kepala Humas UIN Jakarta, Syamsuddin.

Menurut Syamsuddin, peserta yang mengikuti seleksi di kampus UIN Jakarta mayoritas berasal dari wilayah Jabodetabek. Selain karena faktor jarak yang dekat, sarana transportasi pun mudah didapat.

“Tapi soal pilihan program studi, tidak semua di antara mereka (peserta, Red) mengambil di UIN Jakarta. Boleh jadi pilihan pertama di UIN Jakarta, pilihan kedua di PTKIN lain,” jelasnya.

Berdasarkan informasi, seleksi jalur UM PTKIN digelar serenak di 58 PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) di Indonesia. Peserta seleksi dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni kelompok IPA, kelompok IPS, dan kelompok Campuran (IPA dan IPS).

Materi soal yang diujikan untuk kelompok IPA meliputi Tes Kemampuan Dasar dan Tes Kemampuan IPA, kelompok IPS meliputi Tes Kemampuan IPS dan Tes Kemampuan Dasar, serta kelompok Campuran meliputi Tes Kemampuan IPS, Tes Kemampuan Dasar, dan Tes Kemampuan IPA.

Selain itu, seleksi jalur UM PTKIN di UIN Jakarta berlangsung dalam bantuk tes berbasis kertas dan tes berbasis komputer. Tes berbasis kertas digelar di sejumlah titik lokasi, baik di gedung-gedung perkuliahan maupun gedung sekolah di sekitar kampus. Sedangkan tes berbasis komputer diselenggarakan di tiga tempat, yakni di gedung Pusat Laboratorium Terpadu (PLT), di gedung CBT Fakultas Kedokteran, dan di gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Pustiknas). (ns)

 

Share This