Bojongsari, BERITA UIN Online— 600 orang pendaftar masuk UIN Jakarta melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri mengikuti ujian masuk di Gedung Pusat Pendidikan Profesi Guru (PPG) FITK, Bojongsari, Depok, Sabtu (22/6/2019). Mereka merupakan bagian dari 15 ribuan siswa pendaftar masuk UIN Jakarta melalui kalur SPMB Mandiri yang dilakukan serentak di jam dan hari yang sama.

Pantauan BERITA UIN Online, para peserta sudah mendatangi lokasi ujian sejak pukul 05.00 WIB pagi hari. Selanjutnya, peserta memasuki kelas sejak pukul 07.00 WIB pagi untuk mengikuti validasi akhir peserta ujian oleh masing-masing pengawas ruangan. Mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB peserta melaksanakan ujian.

Zahra Fatimah, salah satu peserta seleksi mengaku dirinya sudah tiba di lokasi ujian sejak pukul 06.30 WIB pagi. Ia mengaku tidak kesulitan mengakses lokasi ujian karena bisa diakses langsung dari jalan raya utama Bogor-Ciputat. “Jadi Alhamdulillah bisa istirahat lebih dulu dan lakukan persiapan sebelum ujian,” ucapnya.

Ahmad, peserta lainnya, mengaku cukup senang mengikuti ujian di Gedung PPG. Selain lokasi ujian bisa dijangkau dari jalan utama, lalu lintas di sekitar lokasi juga relatif lancar sehingga bisa mencapai lokasi ujian tanpa dihadang kemacetan. “Mudah-mudahan bisa lulus,” harapnya.

Sebelum ujian, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (Kabiro AAKK), Drs. H. Khoirudin, MM, terlebih dulu melakukan pengecekan kesiapan ujian. Ia yang tiba sebelum pukul 06.00 WIB langsung mengecek ruangan ujian, kehadiran pengawas, hingga fasilitas pendukung seperti lift dan toilet.

Usai melakukan pengecekan, Kabiro juga berpesan kepada para pengawas dan tenaga pendukung untuk membantu kelancaran peserta ujian. “Ciptakan suasana nyaman sehingga mereka bisa mengikuti ujian dengan baik,” sarannya.

Terpisah, Penanggung Jawab Lokal (PJL) SPMB Mandiri PPG FITK, Abdul Cholis M.Pd.I  mengungkapkan kegiatan ujian SPMB Mandiri di kampus Bojongsari berlangsung lancar hingga selesai. “ Alhamdulillah, berkat kerjasama dan kerja keras karyawan, para pengawas, tenaga pengamanan, dan unit kegiatan mahasiswa, kegiatan ujian berlangsung lancar,” terangnya. (zm)

Share This