Gedung Student Center, BERITA UIN Online – Sebanyak 45 calon anggota baru Gerakan Pramuka UIN Jakarta mengikuti kegiatan pendidikan lapangan di kawasan wisata Green Canyon, Karawang, Jawa Barat, pada 17-20 Januari 2019. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari proses penerimaan calon anggota dalam Gelar Orientasi Anggota dan Latihan (GOAL) tahun 2019 yang digelar selama dua pekan sebelumnya di kampus.

Acara pelepasan GOAL 2019 dilakukan Pembina Gugus Depan Nanang Syaikhu di Gedung Student Center, Kamis (17/1/2019). Selain para calon anggota baru, pelepasan juga dihadiri Pembina Satuan Pandega Arief Aryanto Aryadi, pengurus Dewan Racana, serta sejumlah senior dan alumni.

Pembina Gugus Depan Nanang Syaikhu mengungkapkan, calon anggota baru yang mengikuti GOAL merupakan hasil seleksi yang dilakukan Dewan Racana. Setelah mendapatkan pengetahuan mengenai kepramukaan dan keracanaan, mereka mengikuti kegiatan lanjutan berupa latihan fisik dan survival.

Selain sebagai bentuk pengkaderan diri, para peserta juga diharapkan akan memperoleh banyak pengalaman hidup di alam bebas dan masyarakat. Sebab, dalam proses pembinaan tersebut, peserta tak hanya dikenali pada lingkungan alam tetapi juga diajak menghargai kearifan lokal yang hidup di masyarakat.

“Di setiap lintasan yang dilalui, para peserta bermukim di sekitar kawasan rumah penduduk. Mereka berbaur dengan masyarakat, membina anak-anak, dan melakukan bhakti sosial,” katanya.

Seperti diketahui, kegiatan para peserta GOAL 2019 yang berlangsung selama empat hari itu dilakukan dalam bentuk pengembaraan. Sebelum berakhir di lokasi tujuan, para peserta terlebih dahulu melakukan berbagai aktivitas sosial di masyarakat, tepatnya di setiap lintasan yang dilalui mereka.

“Kegiatan seperti ini setidaknya akan memberi banyak nilai manfaat, baik bagi diri peserta maupun masyarakat sekitar,” ujar Nanang. (ns)

Share This