Jakarta, BERITA UIN Online— Dalam rangka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan UIN Jakarta, maka pada Senin, (12/11), pukul 13.30-5.30 WIB diselenggarakan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD), bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Perundang-undangan (OKP) Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (AUK) UIN Jakarta, Ir Yarsi Berlianti di ruang kerjanya, Gedung Pusat Layanan Administrasi Terpadu, Lantai 2, Kampus I, UIN Jakarta.

Menurut Yarsi, tes seleksi CPNS UIN Jakarta ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Agama Tahun Anggaran 2018 dan Pengumuman Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Nomor P-25896/B.II.2/Kp.00.1/09/2018 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama Republik Indonesia tahun anggaran 2018, dimana UIN Jakarta memiliki formasi kebutuhan sebanyak 30 formasi jabatan yang terdiri dari formasi dosen dan fungsional lainnya.

Masih menurut Yarsi, salah satu tahapan penting dalam seleksi CPNS ini adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahapan ini harus dilalui oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer  Assisted  Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade) yaitu 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Bila pelamar dinyatakan lulus seleksi SKD, maka selanjutnya akan mengikuti seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen.

Berdasarkan hasil rekaman pelaksanaan kegiatan, jumlah pelamar untuk UIN Jakarta berjumlah 326 peserta, namun peserta yang hadir hanya 288 peserta dan 38 peserta dinyatakan tidak hadir. Secara umum pelaksanaan ujian ini berlangsung lancar, tertib dan sukses. Hal ini berkat kerjasama yang baik antara tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Agama dan UIN Jakarta yang secara intens terus berkoordinasi. (lrf/SAA).

Share This