Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Setelah sukes menyertifikasi empat program studi (prodi), ASEAN University Network-Quallity Assurance (AUN-QA) kembali akan menyertifikasi tiga prodi di UIN Jakarta. Ketiga prodi baru yang akan disertifikasi di tingkat ASEAN itu adalah Akhwal Syakhsiyah (Hukum Keluarga) di Fakultas Syariah dan Hukum, Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Sistem Informasi di Fakultas Sains dan Teknologi.

Dalam rapat panitia persiapan rencana visitasi tim asesor AUN-QA yang digelar di gedung Rektorat, Rabu (24/4/2019), Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Ahmad Rodoni mengatakan, UIN Jakarta, khususnya ketiga fakultas, harus menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut kedatangan tim asesor saat visitasi dan penilaian borang. Persiapan yang dilakukan bukan semata penyediaan fasilitas tempat tetapi juga pelayanan selama visitasi berlangsung.

“Kita harus siapkan dengan matang dan baik, mulai dari penjemputan tim asesor di bandara, selama visitasi di kampus, maupun saat mereka kembali ke negaranya masing-masing,” ujarnya.

Untuk itu, dalam rapat persiapan dan koordinasi yang dihadiri oleh tim panitia itu, Ahmad Rodoni berharap semua yang terlibat bias saling bersinergi demi suksesnya proses sertifikasi AUN-QA bagi ketiga prodi tersebut.

Sementara itu, Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Jejen Jaenuddin menyatakan, guna menyambut tim asesor AUN-QA, panitia hingga kini terus berbenah. Semua prosedur proses sertifikasi sedang disiapkan, baik di tingkat universitas maupun di ketiga fakultas.

“Kalau persiapan di fakultas tampaknya sudah tidak ada masalah, tinggal di tingkat universitas saja yang malah belum siap,” katanya.

Seperti diketahui, AUN-QA akan menyertifikasi tiga prodi, yakni Akhwal Syakhsiyah, Sistem Informasi, dan Manajemen. Ketiga prodi tersebut masing-masing telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sertifikasi AUN-QA dilakukan agar ketiga prodi memperoleh pengakuan regional-global.

Sebelumnya, yakni tahun 2016, AUN-QA juga telah menyertifikasi empat prodi di UIN Jakarta. Keempat prodi itu adalah Bimbingan dan Penyuluhan Islam (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Sejarah Kebudayaan Islam (Fakultas Adab dan Humaniora), Pendidikan Agama Islam (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), dan Dirasat Islamiyah (Fakultas Dirasat Islamiyah).

Proses sertifikasi ketiga prodi akan berlangsung mulai 30 April hingga 2 Mei 2019. Sedangkan tim asesor AUN-QA yang akan mem-visitasi sebanyak enam orang dari empat negara, yakni Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Mereka adalah Chavalit Wongse-ek (Mahidol University, Thailand), Monet M. Loquias (University of the Philippines), Fauza Ab. Ghaffar (University of Malaya, Malaysia), Pham Van Tuan (The University of Danang, Vietnam), Shahrir Abdullah (Universiti Kebangsaan Malaysia), SiriluckKiewkong (Mahidol University, Thailand). (ns)

Share This