Gedung FK, BERITA UIN Online – Sebanyak 28 dokter baru lulusan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta diambil sumpah sebagai dokter. Acara pengambilan sumpah dan penyerahan SK kelulusan dilakukan pada Sumpah Dokter ke-39 di Auditorium Prof MK Tadjudin Gedung FK, Selasa (11/1/2022).

Turut hadir Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Sekretaris Senat Universitas Armai Arief, Dekan FK Hari Hendarto, Wakil Dekan Bidang Akademik Flori Ratnasari, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fika Ekayanti, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Endah Wulandari, Ketua Prodi Pendidikan Dokter Achmad Zaki, dan Ketua Prodi Pendidikan Profesi Dokter Femmy Nurul Akbar.

Turut pula hadir Direktur Utama RSUP Fatmawati Andi Saguni, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangerang Selatan Fajar Sidik, sejumlah dosen, dan para orang tua/wali lulusan.

Rektor Amany Lubis dalam sambutannya mengatakan, pengambilan sumpah dokter merupakan momentum penting dan bersejarah bagi FK UIN Jakarta, para orang tua lulusan, serta para dokter muda yang saat ini diambil sumpah.

Ia berharap lulusan baru dokter FK UIN Jakarta dapat menjalankan tugasnya sebagai dokter di mana pun di Indonesia, termasuk di daerah peloksok. Apalagi di antara para dokter adalah para santri dari berbagai daerah, sehingga mereka harus kembali ke daerah masing-masing untuk mengabdi dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat.

“Kalian adalah para dokter santri unggulan dan membanggakan. Selamat mengabdi dan menjadi dokter di daerah masing-masing,” katanya.

Rektor juga mengingatkan bahwa tugas dokter bukan saja mengurusi masalah kesehatan tetapi juga akan bertugas sebagai konsultan bagi masyarakat. Karena itu para dokter lulusan FK harus menyiapkan diri dengan ilmu pengetahuan dalam berbagai perspektif, baik perspektif sosiologi, perspektif psikologi, perspektif hukum, maupun perspektif agama.

“Kepada para dokter muda saya berpesan, mengabdilah dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan agar Allah SWT meridhai dan memberkahi langkah mulia kalian,” ucapnya.

Pengambilan sumpah dokter dilakukan oleh Dekan FK Hari Hendarto. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah dokter oleh dua perwakilan lulusan, pemberian medali dan selempang, serta penyerahan SK kelulusan.

Acara Sumpah Dokter diakhiri dengan orasi ilmiah yang disampaikan Direktur Utama RSUP Fatmawati Jakarta Andi Saguni serta sambutan atas nama alumni oleh peserta lulusan. (ns)

Share This