Gedung FK, BERITA UIN Online – Sebanyak 25 dokter muda lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta diambil sumpah secara virtual, Kamis (15/10/2020). Pengambilan sumpah dokter ke-34 itu dilakukan oleh Dekan FK Hari Hendarto langsung dari gedung FK di Cireundeu, Ciputat.

Turut hadir Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, para wakil dekan, perwakilan rumah sakit jejaring di Jakarta dan Banten, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banten, dan para orang tua masing-masing lulusan. Selain itu juga hadir perwakilan dari instansi pemberi beasiswa, seperti Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Para lulusan merupakan dokter dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian dari mereka juga berasal dari pesantren dan madrasah serta para penerima beasiswa dari kementerian agama dan pemerintah daerah.

Rektor Amany Lubis dalam sambutannya, menyatakan dokter lulusan UIN Jakarta memiliki kekhasan, yaitu sebagai dokter muslim. Namun, dalam menjalankan tugasnya, dokter lulusan UIN Jakarta adalah hamba Allah yang tidak membeda-bedakan agama saat mengabdi demi kemanusiaan.

Selain kekhasan tadi, dokter lulusan UIN Jakarta juga dibekali dengan keilmuan memadai, baik ilmu kedokteran maupun ilmu agama. Dengan bekal tersebut, Rektor berharap para lulusan dapat menjadi dokter yang disegani di masyarakat.

“Saya berharap saat mengabdi di masyarakat, berikan pelayanan yang terbaik kepada mereka disertai penuh keikhlasan. Tidak komersial atau menarik tarif tinggi saat berpraktik,” katanya. (ns)

Share This