Gedung Student Center, BERITA UIN Online – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29, Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Jakarta Selatan 07.075-07.076 dan Dewan Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari UIN Jakarta akan menggelar Festival Kepramukaan pada 20-21 Oktober 2018. Festival digelar di kampus UIN Jakarta dalam bentuk giat prestasi bagi para Pramuka Penggalang dan Penegak dari berbagai pangkalan sekolah di tiga wilayah provinsi,yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Menurut Ketua Panitia Banu Muhammad Kindy di gedung Student Center, Rabu (26/9/2018), mengatakan, kegiatan Festival bertujuan selain untuk mendorong para peserta berprestasi dalam bidang keterampilan kepramukaan (scouting skill), juga memperkuat tali silaturahmi antarpramuka gugus depan berbasis sekolah. Kegiatan Festival juga bertujuan sebagai ajang promosi kampus UIN Jakarta kepada masyarakat, khususnya para pelajar tingkat sekolah menengah atas.

“Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun. Alhamdulillah, para peserta selalu antusias mendaftar dan mengikuti perlombaan,” katanya.

Kindy mengatakan, Festival Kepramukaan akan mempertandingkan sedikitnya 20 mata lomba, di antaranya smaphore, sandi, morse, pioneering, memasak, teknologi tepat guna, dan pertolongan gawat darurat. Perlombaan dibagi ke dalam dua kategori, yakni untuk golongan Pramuka Penggalang (putera/putri) dan Pramuka Penegak (putra/putri). Untuk golongan Penggalang, lomba akan digelar pada 20 Oktober 2018. Sedangkan untuk golongan Penegak akan digelar pada 21 Oktober 2018.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala dan sertifikat serta tiska atau tanda ikut serta. Bahkan bagi yang memperoleh juara umum, peserta akan mendapatkan piala bergilir Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada.

Tak hanya dalam bentuk perlombaan, perayaan HUT ke-29 dan Festival Kepramukaan bertajuk “Pramuka Hebat, Ceria, Aktif, dan Berprestasi” itu juga akan dimeriahkan dengan bazar makanan dan minuman serta aksesoris. Sementara puncak HUT akan digelar pada 27 Oktober 2018 di Auditorium Harun Nasution. (ns)

Share This