Gedung Akademik, BERITA UIN Online – Sebanyak 17 peserta berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas ikut mendaftar pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk formasi UIN Jakarta. Mereka akan bersaing bersama peserta lain dari berbagai daerah dan dari berbagai latar bekakang pendidikan.

Demikian diungkapkan Kepala Sub Bagian Kepegawaian Abdul Halim Mahmudi kepada BERITA UIN online di ruang kerjanya di gedung Administrasi Akademik, Senin (9/12/2019). “Tingginya pendaftar dari kalangan penyandang disabilitas dikarenakan adanya formasi jabatan CPNS yang sesuai bagi mereka,” katanya.

Menurut Halim, ada tiga formasi jabatan yang tersedia bagi para penyandang disabilitas pada CPNS UIN Jakarta tahun 2019. Ketiga formasi itu adalah Analis Hubungan Masyarakat, Analis Keuangan, Analis Pelaporan dan Transaksi Keuangan.

“Kami telah mengundang mereka (penyandang disabilitas, Red) ke Bagian Kepegawaian. Selain untuk melihat fisik secara langsung, juga menguji kapasitas masing-masing. Mereka rata-rata luar biasa dan memiliki bidang keahlian tertentu yang dibanggakan,” jelasnya.

Halim mengatakan, para penyandang disabilitas merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak sama untuk mengikuti CPNS.  Olah karena itu pihaknya akan membantu semaksimal mungkin dalam proses penerimaan CPNS tersebut.

Berdasarkan data di Bagian Kepegawaian, UIN Jakarta dalam penerimaan CPNS tahun 2019 mendapatkan kuota formasi sedikitnya 64 peserta. Jumlah tersebut terdiri atas 52 formasi dosen dan 12 formasi jabatan fungsional tertentu.

Menurut Halim, jumlah formasi sebesar itu mengalami kenaikan 100 persen jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 30 formasi (27 dosen dan 3 jabatan fungsional tertentu).

Meski demikian, kata Halim, jika merujuk kepada analisis kebutuhan CPNS UIN Jakarta, angka tersebut relatif masih kecil. Sebab, dari 350 formasi yang diusulkan ke Kementerian Agama, hanya 64 formasi saja yang diberikan.

“Analisis kebutuhan CPNS di UIN Jakarta ini berdasarkan usulan dan masukan dari berbagai fakultas dan lembaga, terutama untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik yang masih kurang,” katanya.

Hingga berakhirnya masa pendaftaran online pada 30 November 2019, jumlah pelamar CPNS formasi UIN Jakarta mencapai 1.297 peserta. Jumlah tersebut belum merupakan hasil seleksi berkas yang akan diumumkan 16 Desember 2019.

Seleksi CPNS akan digelar mulai Februari 2020 dengan materi tertulis Kompetensi Dasar. Sedangkan materi praktik digelar pada Maret 2020 dan pengumuman hasil seleksi akhir pada April 2010. (ns)

Share This