Gedung FITK, BERITA UIN Online– Sebanyak 155 pendaftar Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurun UIN Jakarta mengikuti tes masuk pada Kamis (1/8/2019) di teater Mahmud Yunus gedung FITK lt 3.

Dari info Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) FITK Imam Thobroni SE, jumlah tersebut tersebar di empat prodi magister, yaitu Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) 46 orang, Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 31 orang, Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 31 orang dan Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 47 orang.

“Tes diadakan selama dua hari. Hari ini Tes Potensi Akademik (TPA) dan nanti siang interview,” ujar Imam di sela-sela pelaksanaan tes.

Untuk interview, lanjutnya, mereka akan ditanya oleh penguji dari dosen FITK sesuai dengan proposal yang telah mereka ajukan saat pendaftaran.

“Satu peserta akan diinterview oleh dua dosen dengan materi sesuai dengan prodi masing-masing di ruangan yang telah kita siapkan. Total dosen yang dijadwalkan untuk menginterview sebanyak 40 orang,” imbuh Imam.

Dijelaskannya, untuk tes hari kedua, mereka akan mengikuti tes TOAFL dan TOEFL di Pusat Bahasa dan Budaya UIN Jakarta Gedung Kampus 2 Kertamukti.

Hasil tes ini, kata Imam, akan diumumkan pada 9 Agustus 2019 melalui website FITK dengan alamat https://fitk.uinjkt.ac.id dan juga dikirimkan ke email masing-masing peserta.

Selain menerima calon mahasiswa magister melalui jalur reguler, Imam menginformasikan FITK juga menerima calon mahasiswa melalui jalur beasiswa bekerjasama dengan Kementerian Agama.

“FITK mendapatkan kuota 17 orang untuk Magister PAI khusus guru madrasah mata pelajaran Fiqh. Saat ini baru 16 pendaftar dan baru enam orang yang mengembalikan berkas. Informasi lengkapnya di web FITK (https://fitk.uinjkt.ac.id/fitk-perpanjang-beasiswa-magister-pai-bagi-guru-fiqh/) dan pendaftaran ditutup pada 2 Agustus 2019,” pungkasnya. (lrf/mf)

Share This