Gedung SPs, BERITA UIN Online – Sebanyak 102 mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana (SPSs) UIN Jakarta mengikuti Orientasi Studi pada 27-29 Agustus 2018. Orientasi digelar untuk memberikan pengetahuan mengenai budaya akademik dan pengenalan lingkungan SPs UIN Jakarta

Peserta yang mengikuti Orientasi Studi terdiri atas program magister sebanyak 30 orang dan program doktor sebanyak 72 orang. Mereka merupakan lulusan hasil seleksi yang digelar pada awal Agustus lalu.

Orientasi Studi dibuka Direktur SPs UIN Jakarta Masykuri Abdillah di Auditorium, Senin (27/8/2018). Pembukaan dihadiri Wakil Direktur Ahmad Rodoni, Ketua Program Doktor Didin Saepuddin, dan Ketua Program Magister JM Muslimin.

“Saya menyambut gembira atas keberhasilan Saudara diterima di SPs UIN Jakarta. Saya berharap selama mengikuti Orientasi ini Saudara dapat mengenal lebih banyak tentang program dan proses pembelajaran yang diselenggarakan di SPs UIN Jakarta,” kata Masykuri Abdillah saat membuka Orientasi.

Masykuri dalam ceramahnya juga menerangkan mengenai visi dan misi SPs UIN Jakarta serta orientasi Program Studi Pengkajian Islam yang dibuka. Masalah lain yang disampaikan adalah mengenai proses penyelesaian studi selama belajar di SPs UIN Jakarta serta berbagai fasilitas pendukungnya.

“Saya berpesan silakan Saudara manfaatkan waktu belajar seefektif mungkin agar lulus tepat waktu,” tandasnya.

Sesuai jadwal, materi Orientasi Studi meliputi berbagai aspek. Di antaranya mengenai kelembagaan dan akademik, penyusunan dan penulisan karya ilmiah, teknik pembuatan abstrak dan proposal, serta informasi teknis akademik.

Selain itu juga dikenalkan mengenai cara mengakses jurnal berbahasa Arab dan Inggris serta penggunaan teknologi informasi Academic Information System (AIS). Materi lain yang diperkenalkan adalah beberapa fasilitas kampus yang dapat dimanfaatkan mahasiswa, misalnya perpustakaan, ruang belajar pribadi (quiet room), dan akses internet gratis. (ns)

Share This