Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Sebanyak 10 mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) di UIN Jakarta menerima sertifikat internasional Microsoft Office dari Telkomsel dalam program IndonesiaNEXT 2020. Sertifikat itu diberikan setelah mereka berhasil menyelesaikan serangkaian kegiatan dan uji talen yang digelar secara online.

Hal itu diungkapkan Ketua Pusat Karier UIN Jakarta, Salamah Agung, kepada BERITA UIN Online di Gedung Rektorat, Jumat (9/4/2021). “Kami turut bangga atas prestasi mahasiswa tersebut. Mereka ternyata mampu bersaing dengan belasan ribu peserta dari 693 perguruan tinggi di Indonesia yang ikut berkompetisi,” ujarnya.

Menurut Salamah, mahasiswa UIN Jakarta yang ikut uji talen sebenarnya terdapat 53 orang. Namun, sebanyak 28 mahasiswa di antaranya tidak ikut kompetisi dengan alasan yang belum jelas.

“Saya kecewa dengan mahasiswa yang tidak ikut. Padahal uji kemampuan hardskill tersebut sangat berarti bagi mereka sendiri, terutama untuk bersaing di dunia kerja,” keluhnya.

Kekecewaan Salamah dapat dimaklumi, sebab lembaga yang dipimpinnya selama ini telah banyak membantu mahasiswa dalam mengembangkan karier.

Salamah lebih lanjut mengatakan, kesepuluh mahasiswa yang berhasil lolos dalam uji talen berhak menyandang predikat sebagai “Microsoft Office Specialist”. Mereka adalah Raffy Revanza (Prodi Matematika, memperoleh sertifikat Microsoft Office Excel 2016), Annisa Ristanti Yaumadina (Prodi Pendidikan Fisika, sertitikat Microsoft Office Excel 2016), Muhammad Albar Al Rasyid (Prodi Pendidikan Dokter, sertifikat Microsoft PowerPoint 2016),  Isma Haya Fauziyah

(Prodi Sistem Informasi, sertifikat Microsoft Office Excel 2016), dan Nahdlah Nurul Murhum (Prodi Sistem Informasi, sertifikat Microsoft Office Excel 2016).

Kemudian Luthfiyyah Widianingsih (Prodi Sistem Informasi, sertifikat Microsoft Office Excel 2016), Awiez Fathwa Zein (Prodi Teknik Informatika, sertifikat Adobe Photoshop CC 2015), Albi Fahri (Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, sertifikat Adobe Photoshop CC 2015), Anggita Maharani Gumay Putri (Prodi Teknik Informatika, sertifikat Microsoft Office Powerpoint 2016), dan Rayfan Bagassetya Kurniawan (Pendidikan Biologi, sertifikat Microsoft Office Powerpoint 2016).

IndonesiaNEXT Telkomsel merupakan program tahunan adu bakat yang digelar di 13 Regional Telkomsel di 34 provinsi di Indonesia. Program unggulan Corporate Social Responsibilty (CSR) Telkomsel ini digelar sejak 2016.

Program bertujuan agar para pelajar dan mahasiswa di Indonesia menjadi talenta yang siap bersaing dengan para pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara, baik di tingkat regional maupun internasional.

Program IndonesiaNEXT bertajuk “Agile Talent in Crisis” ini diselenggarakan sejak Desember 2020 hingga Maret 2021. Kegiatan diikuti oleh sebanyak 19.138 peserta, terdiri atas 10.732 peserta wanita dan 8.451 peserta pria.

Program IndonesiaNEXT 2020 diawali dengan seri Webinar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait strategi menghadapi era “New Normal” untuk menjadi “Agile Talent” yang mampu mengelola dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungannya.

Webinar diselenggarakan secara online mandiri dengan melibatkan seluruh mahasiswa dan universitas yang berada pada cakupan wilayah operasional per regional. (ns)

Share This