Jakarta, BERITA UIN Online— Sebanyak 1.004 orang pendaftar mengikuti seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) UIN Jakarta di Gedung Badan Kepegawaian Negara, Jakarta Timur, Jumat (6/3/2020). Berbagai tahapan seleksi diharapkan mampu menjaring aparatur sipil negara berstatus CPNS yang berkualitas dan berintegritas.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (AUK) UIN Jakarta Khairunnas MH kepada BERITA UIN Online menyebutkan, ke-1.004 orang pendaftar ini akan memperebutkan 64 formasi CPNS Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ditawarkan oleh UIN Jakarta. “Kita harapkan melalui proses seleksi ini, UIN Jakarta bisa menjaring CPNS dengan kualitas seperti diharapkan,” katanya.

Khairunnas menambahkan, proses seleksi sendiri dilakukan dalam tiga tahapan, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Seleksi administrasi dilakukan melakukan seleksi atas kelengkapan atau kesesuaian berkas sesuai standar yang dipersyaratkan.

Selanjutnya, seleksi kompetensi dasar atau Tes Kompetensi Dasar (TKD). Pada seleksi ini, peserta diseleksi melalui tiga bentuk tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). “Untuk TKD, sesuai aturan berlaku kita gunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT,” katanya.

Pada seleksi CAT, pendaftar harus menjawab 100-an soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit. Seleksi CAT sendiri nantinya akan menentukan tiga besar peserta yang dipersilahkan melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya, Tes Kompetensi Bidang.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Jakarta Prof. Dr. Ahmad Rodoni berharap proses seleksi berjalan lancer dan UIN Jakarta mendapatkan kandidat CPNS yang sesuai dengan ekspektasi. “Saya kira, melalui proses seleksi ini, kita berharap mendapat input sumber daya manusia yang bagus bagi pengembangan UIN Jakarta ke depan,” tambahnya.

Pantauan BERITA UIN Online, proses seleksi yang dilaksanakan dalam dua gelombang berlangsung lancar. Para peserta seleksi berhasil mengerjakan tes dengan lancar dan langsung mengetahui nilai ujian masing-masing usai seleksi dilakukan. (Videografer: Aditya W./Fotografer: Hermanuddin/Teks: Zaenal Muttaqin)

Share This