Gedung FISIP, BERITA UIN Online— Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) memperpanjang akreditasi A dua prodi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta. Keduanya yaitu Prodi Ilmu Politik dan Prodi Hubungan Internasional.

Informasi perolehan akreditasi kedua prodi didapat BERITA UIN Online, Rabu (19/1/2022, dari laman BAN PT. Akreditasi Prodi Ilmu Politik dituangkan dalam Surat Kepala BAN-PT Nomor 13881 Tahun 2022, sedang akreditasi Prodi Hubungan Internasional dituangkan dalam Surat Kepala BAN-PT Nomor 13888 Tahun 2022.

Menanggapi itu, Ketua Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta Dr. Iding Rosyidin mengungkapkan kegembiraannya terkait perolehan akreditasi A tersebut. Ia bersyukur karena perpanjangan akreditasi didapat beberapa hari sebelum masa berlaku akreditasi sebelumnya habis.

“Alhamdulillah sebelum berakhir masa akreditasi Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta pada tanggal 26 Januari 2022, telah keluar SK Perpanjangan otomatis dari BAN PT dengan Akreditasi A berlaku mulai 27 Januari 2022- 27 Januari 2027,” ujarnya dalam sebuah pernyataan tertulis.

Perolehan akreditasi A Prodi Ilmu Politik dan Prodi Hubungan Internasional mengokohkan jumlah Prodi berakreditasi A di lingkungan UIN Jakarta. Merujuk data BAN PT, total Prodi jenjang sarjana berakreditasi A mencapai 34 Prodi.

Masih di jenjang sarjana, Prodi berakreditasi B mencapai 16 Prodi. Sedang Prodi jenjang sarjana berakreditasi C 1 Prodi.

Sementara itu, Prodi Hubungan Internasional dan Prodi Ilmu Politik merupakan dua dari tiga Prodi di FISIP UIN Jakarta. Satu Prodi lainnya adalah Prodi Sosiologi.

Diketahui, FISIP UIN Jakarta berdiri sejak 2009 lalu dimana ketiga prodinya telah dikembangkan di dua fakultas lainnya. Prodi Sosiologi dan Prodi Ilmu Politik dikembangkan dari Prodi Sosiologi Agama dan  Prodi Pemikiran Politik Islam di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, sedang Prodi Hubungan Internasional dikembangkan dari Prodi yang sama di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. (zm)

Share This