Bandung, BERITA UIN – Menteri Agama Yaqut Cholis Qaumas, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, dan Rektor UIN Bandung Mahmud menandai pembukaan Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dengan memainkan bersama alat musik angklung yang digelar di kampus UIN Bandung, Selasa (9/8/2021) malam.

Selain itu pembukaan juga ditandai dengan penyerahan piala bergilir Menteri Agama kepada UIN Bandung sebagai tuan rumah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas menyambut baik gelaran Pesona I. Ia berterima kasih kepada Dirjen Pendidikan Islam, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat, dan tuan rumah UIN Bandung atas terselenggaranya event tersebut.

Yaqut mengatakan kegiatan olahraga maupun seni yang digelar di UIN Bandung oleh PTKN sudah benar. Namun, lebih benar lagi jika Kementerian Agama menyelenggarakan perhelatan tersebut.

Olahraga, agama, dan Tuhan, sebut Menag, merupakan satu tarikan nafas atau ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Misalnya dalam olahraga, jika ada pemain yang berhasil menggolkan bola ke kandang lawan, maka ia biasanya akan bersyujud syukur atau membuat palang salib di dada atau menengadahkan tangannya.

Demikian juga saat akan bertanding, mereka hampir dipastikan berdoa terlebih dahulu. Artinya, sekali lagi, bahwa antara olahraga, agama, dan Tuhan tidak bisa dipisahkan.

“Apalagi di bidang seni, karena Allah sendiri suka sekali dengan keindahan,” ucapnya.

Yaqut yang dalam sambutannya tanpa teks itu juga meminta agar kegiatan Pesona tidak terputus. Jangan sampai jika dirjen atau direktur diktisnya ganti kegiatan Pesona lantas menjadi terlupakan.

“Karena itu saya minta agar kegiatan seperti ini diteruskan mengingat sangat penting,” ujar Yaqut atau yang akrab disapa Gus Men.

Pembukaan Pesona I Bandung berlangsung meriah dan dihadiri seluruh kontingen dari 62 PTKN di 34 provinsi di Indonesia. Pesona I dengan tagline “Harmony in Diversity” itu tak hanya diikuti perguruan tinggi keagamaan Islam, tetapi juga Hindu, Budha, Kristen, Katholik, dan Khong Hucu.

Menariknya, dalam pembukaan tersebut, seluruh pejabat mulai dari menteri hingga wakil rektor bidang kemahasiswaan mengenakan pakaian adat Sunda. Pembukaan juga dihiasi dengan karnaval budaya nusantara serta adat Bhineka Tungal Ika.

Pesona I PTKN di UIN Bandung mempertandingkan atau memperlombakan sebanyak 12 cabang seni dan 10 cabang olahraga. Pesona akan berlangsung hingga 13 Agustus 2022. (ns)

Share This