Gedung Auditorium, BERITA UIN – Rektor UIN Jakarta Amany Lubis melepas resmi Kontingen UIN Jakarta Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia yang digelar di Bandung. Acara pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Rektor UIN Jakarta kepada pimpinan kontingen Arief Subhan di depan Gedung Auditorium Harun Nasution, Jumat (5/8/2022).

Turut hadir di antaranya Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Jaenuddin, Kepala Bagian Kemahasiswaan Ikhwan, dan Kepala Subbagian Bina Bakat dan Minat Mahasiswa Yulia Handayani.

Amany Lubis mengungkapkan, seluruh mahasiswa yang berlaga di Pesona diharapkan dapat membawa nama baik UIN Jakarta. Ia juga berpesan kepada para peserta agar berkompetisi secara sportif dan berusaha semaksimal mungkin.

“Saya ingin lihat penampilan dan semangat kalian untuk berkompetisi secara sehat bersama para mahasiswa dari seluruh Indonesia,” ujar Amany.

Rektor lulusan Universitas Al-Azhar Kairo tersebut berharap agar kontingen UIN Jakarta dapat memberikan penampilan yang terbaik. Bahkan ia juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama dalam meraih juara.

“Semua punya kesempatan untuk meraih kemenangan dan membawa nama baik UIN Jakarta,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang juga Pimpinan Kontingen Arief Subhan berharap para kontingen dapat mengukir prestasi dan dapat mempertahankan juara pada setiap ajang yang diikuti. Warek juga mengingatkan kepada seluruh kontingen terkait tujuan mengikuti Pesona, yakni untuk mengukir prestasi dan menjalin tali silaturahmi.

“Semangat yang kita bawa adalah semangat untuk memperkuat tali silaturahmi dan semangat untuk menerima apa pun hasil yang didapatkan,” ucapnya.

Pada Pesona I kali ini, UIN Jakarta mengirimkan 100 peserta untuk sembilan cabang seni dan 10 cabang olahraga. Namun, tidak semua peserta dikirimkan ke Bandung untuk mengikuti ajang adu bakat tersebut karena ada beberapa perlombaan yang sebelumnya dilaksanakan secara daring. Jadi, total peserta yang diberangkatkan sebanyak 87 orang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pesona I PTKN se-Indonesia akan digelar di kampus UIN Bandung pada 8-13 Agustus 2022. Pesona diikuti oleh 62 PTKN se-Indonesia, terdiri atas 24 UIN, 29 IAIN, 5 STAIN, dan 4 PTKN lain, yakni UHN I Gusti Bagus (IGB) Sugriwa Bali, IAKN Kupang, STAKN Pontianak dan STABN Sriwijaya Tangerang.

Pesona I mempertandingkan sedikitnya 22 cabang perlombaan atau pertandingan, terdiri atas 12 cabang bidang seni dan 10 cabang olahraga (cabor).

Cabang seni yang diperlombakan adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qosidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog. Sedangkan untuk cabor adalah Tenis Meja, Catur, Pencak Silat (Seni), Karate, Taekwondo, Bola Volli, Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal, dan Panjat Dinding.

Dari seluruh ajang yang diperlombakan, kontingen UIN Jakarta hanya mengikuti sembilan cabang seni dan 10 cabang olahraga. Pada cabang seni, perlombaan yang akan diikuti adalah MSQ, MTQ, MHQ, Pop Solo Islami, Qasidah Modern, Film Pendek, Monolog, Puitisasi Al-Qur’an, dan Kaligrafi. Sementara untuk cabang olahraga, yakni Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Bola Volly, Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal, dan Panjat Dinding. (ns/aldy rahman)

Share This